Sabtu 13 Jul 2019 14:14 WIB

Sambut Jamaah, Daker Makkah Simulasikan Bus Shalawat

PPIH Dakwr Makkah persiapan kedatangan calhaj asal Indonesia.

Bus Shalawat untuk jamaah haji Indonesia selama di Makkah (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika.co.id
Bus Shalawat untuk jamaah haji Indonesia selama di Makkah (Ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, Oleh: Muhammad Hafil, Dari Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- PPIH Arab Saudi Daker Makkah mulai mempersiapkan kedatangan jamaah calon haji asal Indonesia. Salah satunya adalah melakukan simulasi layanan transportasi bus Shalawat, Sabtu (13/7). 

Menurut Kabid Transportasi PPIH Arab Saudi, Asep Subhana, tujuan simulasi ini adalah untuk memberikan orientasi kepada petugas. Sehingga, mengetahui rute-rute mana saja yang dilalui oleu bus Shalawat tersebut.

"Jadi biar jelas semua rute-rutenya," kata Asep di sela acara simulasi.

Adapun skenario simulasi ini adalah, ada lima unit bus yang dikerahkan. Lima bus ini sudah ditempeli stiker Indonesia.

Kemudian, bus berangkat dari depan Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) di kawasan Syisah menuju terminal Syib Amir yang berjarak sekitar 500 meter dari Masjidil Haram. Setelah itu, bus mengarah ke kawasan Jarwal tepatnya di Hotel Kiswah.

Dari situ, petugas melakukan survei rute yang akan dilewati bus Shalawat dan kemudian bus kembali lagi ke Terminal Syib Amir. Dari Syib Amir, petugas melakukan simulasi rute ke hotel-hotel.

Jumlah petugas yang mengikuti simulasi ini sekitar 200 orang. Namun, untuk pelaksanaannya nanti, tak ada petugas yang berjaga di dalam bus.

Mereka hanya ditempatkan di setiap halte. Ada dua orang petugas yang berjaga di halte setiap 12 jam. Setelah 12 jam, mereka akan diganti oleh petugas lainnya yang juga bertugas selama 12 jam.

"Jadi, totalnya kita melayani 24 jam di setiap halte," kata Asep.

Sementara untuk jumlah armada yang dimiliki, Asep menyebutkan ada 450 bus yang tersebar ke sembilan rute. Ada tiga terminal utama yang dilalui oleh bus Shalawat ini.

Asep mengatakan, untuk tahun ini seluruh jamaah akan menikmati layanan bus Shalawat langsung dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya. Sementara pada tahun lalu, masih ada pelayanan bus Shalawat yang transit. Sehingga, pada waktu itu tidak langsung ke Masjidil Haram.

Untuk diketahui, bus Shalawat merupakan fasilitas transportasi pengangkut jamaah haji dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya. Fasilitas ini disediakan oleh PPIH Arab Saudi Daker Makkah. Layanan bus Shalawat beroperasional selama 24 jam selama musim haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement