Ahad 15 Sep 2013 06:39 WIB

Larangan dan Anjuran Bagi Jamaah Haji Saat Perjalanan dari Miqat Menuju Makkah

Perjalanan jamaah calon haji dari Madinah ke Makkah
Foto: Heri Ruslan/Republika Online
Perjalanan jamaah calon haji dari Madinah ke Makkah

REPUBLIKA.CO.ID, Assalamualaikum Wr Wb

Ustaz, selama dalam perjalanan dari Jeddah ke Makkah atau Madinah ke Makkah, amalan apa yang harus dilakukan oleh jamaah calon haji selama berada di dalam bus?

Hamba Allah

Tanjungpriok, Jakarta Utara

Jawab:

Waalaikumussalam Wr Wb

Selama diperjalanan dalam bus disunnahkan jamaah untuk bertalbiah yang lafadznya “labbaika allahumma labaik, labaika laa syariikalaka labaik. Innal hamda wa ni’mata laka wal mulk laa syariikalaka” sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Bukhori.

Rasulullah SAW bersabda, ”Jibril datang kepadaku, lalu ia memerintahkan agar aku menyuruh shahabat-shahabatku agar mereka meninggikan suara mereka untuk ihlal dan talbiah” (HR Al Khomsah dan Ibnu Hiban).

Dianjurkan untuk bertalbiah dengan suara yang dikeraskan untuk laki-laki, sedangkan wanita cukup terdengar dirinya oleh sendiri saja. “Laki-laki mengeraskan suara talbiah, sedang wanita memperdengarkan suara talbiahnya untuk dirinya sendiri” (HR sa’id bin Manshur).

Jika lelah bertalbiah dianjurkan jeda beristirahat. Makan dan minum dibolehkan.

Di samping bertalbiah, jamaah harus menjaga seluruh larangan-larangan ihram, baik mengenai pakaian, perkataan, maupun perbuatan. Pakaian perempuan menutup seluruh badan kecuali telapak tangan dan wajah. Pakaian laki laki dua helai tidak berjahit, dilarang menutup kepala dan kedua mata kaki.

Perkataan yang tak dibenarkan adalah rafats yaitu berkata jorok serta kata kata yang berbau porno/mengekploitasi aspek seksual, fusuq kata kata tak patut terutama yang dapat menyakitkan orang lain, jidal yaitu bertengkar, mengumbar emosi.

Aspek perbuatan yang dilarang termasuk membunuh hewan, merusak pohon-pohonan, menggunting rambut dan kuku, serta bergaul suami istri. Memakai wangi-wangian ketika berihram juga tidak dibolehkan.

 

Ustaz HM Rizal Fadillah 

Pembimbing Haji/Umroh dan  Pimpinan SYARAFA Tour & Travel Bandung

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement