Kamis 24 Oct 2013 07:00 WIB

Jamaah India Mulai Pulang

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Mansyur Faqih
   Jamaah haji menunaikan shalat Dzuhur berjamaah saat melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Senin (14/10).  (AP/Amr Nabil)
Jamaah haji menunaikan shalat Dzuhur berjamaah saat melaksanakan ibadah wukuf di Arafah, Senin (14/10). (AP/Amr Nabil)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah haji asal India mulai pulang ke kampung halaman. Penerbangan pertama kepulangan jamaah berangkat dari Jeddah menuju Goa dan Mangalore, awal pekan ini.

Penerbangan itu membawa 234 orang jamaah. Seperti dilansir Arab News, Rabu (23/10), seorang pejabat konsulat mengatakan kantor Misi Haji India di Makkah, Madinah dan Jeddah siap mengatur kepulangan jamaah. Dia juga mengatakan tim bekerja selama 24 jam untuk memastikan proses tersebut berjalan lancar.

Fase kepulangan jamaah India, terdiri dari 421 penerbangan kembali ke 20 kota tujuan. Maskapai penerbangan Air India dan Saudia akan menerbangkan kelompok pertama Jamaah India. Air India akan membawa 46.401 penumpang. Sedangkan Saudia membawa 74.937 penumpang.

Pengaturan untuk mengantar jamaah dari Makkah ke Madinah melalui jalan darat juga telah diatur. Perjalanan itu telah dimulai sejak 20 Oktober. Sekitar 59.230 jamaah akan memadati kota suci Madinah pada gelombang kedua kepulangan.

Sebanyak tiga jamaah India dilaporkan hilang. Saat ini keberadaan mereka sedang dicari. Sekitar 136 ribu jamaah India menunaikan ibadah haji tahun ini.

Jumlah jamaah yang meninggal dunia 95 orang. Jamaah haji yang dirawat di rumah sakit berjumlah 923 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement