Sabtu 26 Oct 2013 14:51 WIB

Kemenag Akan Bikin Katalog Pondokan Haji

Rep: ani nursalikah/ Red: Taufik Rachman
Menteri Agama Suryadharma Ali dengan perwakilan dari Pemerintah Pakistan
Foto: MCH
Menteri Agama Suryadharma Ali dengan perwakilan dari Pemerintah Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama akan membuat katalog perumahan haji di Makkah. Hal tersebut disampaikan Menteri Agama Suryadharma Ali, Kamis (24/10) malam.

"Tahun ini saya menugaskan tim perumahan untuk membuat semacam katalog perumahan di Makkah. Ini akan menjadi semacam database bagi tim perumahan," ujarnya kepada wartawan.

Tim perumahan akan mengumpulkan data perumahan haji yang disewa, yang ditolak untuk disewa oleh Kementerian Agama dan yang belum pernah disewa. Dengan adanya katalog tersebut, tim perumahan diharapkan mampu bekerja lebih baik lagi. Suryadharma mengatakan katalog perumahan haji diperlukan karena masih ada keluhan dari jamaah haji.

"Jadi ada rumah yang bagus tapi belakangan ada komplain karena jamaah tidak boleh mencuci dan menjemur baju. Ada juga yang bagus tapi suplai airnya atau kebersihannya kurang," katanya.

Namun, ia menegaskan secara keseluruhan tidak ada masalah perumahan yang serius. Masalah yang timbul dengan sigap bisa diatasi.  "Insya Allah 2014 (pelaksanaan haji) akan lebih baik karena kami lebih menyempurnakan lagi sistem perumahan," ujar politisi PPP itu.

Selain masalah perumahan, ia juga menyoroti penyediaan makanan bagi jamaah haji. Meski tidak ada masalah berarti penyediaan katering haji akan lebih diperhatikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement