Kamis 18 Sep 2014 03:21 WIB

Jamaah Diminta Waspadai Oknum Pengurus Dam

 Calon Jemaah Haji membayar Dam kepada ketua kelompok di asrama Haji, Jakarta
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Calon Jemaah Haji membayar Dam kepada ketua kelompok di asrama Haji, Jakarta

Oleh: Neni Ridarineni

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH - Kepala Daker Makkah Endang Jumali mengibau kepada para jamaah haji Indonesia untuk berhati-hati dengan oknum yang mengaku akan menguruskan Dam.

''Kami mulai menemukan oknum pengurus Dam yang merupakan mukimin. Dia mengaku diutus oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang di tanah air untuk mewakili menguruskan Dam,''kata Endang pada MCH, di ruang kerjanya Daker Makkah, Rabu (17/9).

Dia menemukan kasus tersebut di Pemondokan H3 dan mukimin tersebut bertemu dengan ketua regu jamaah haji. Oknum pengurus Dam tersebut ada yang laki-laki dan ada yang perempuan. Bahkan oknum yang perempuan mereka menggunakan pakaian seragam seperti jamaah haji Indonesia.

Menurut Endang, oknum tersebur berbaur dengan jamaah haji. Namun ada satu gaya yang berbeda dengan jamaah Indonesia yakni mereka meskipun pakai identitas seperti jamaah haji Indonesia, tetapi pakaian yang digunakan adalah abaya berwarna hitam.

Oknum tersebut tidak hanya menawarkan soal pembayaran dam, melainkan juga ada yang menawarkan untuk ziarah maupun thawaf (mencium hajar aswad).

Sehubungan dengan hal itu, Endang menyarankan kepada jamaah haji Indonesia untuk tidak mudah terpengaruh dengan oknum tersebut. Kalau membayar dam sebaiknya diuruskan oleh petugas kloter dan jangan orang yang tidak dikenal. nneni ridarineni

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement