Selasa 23 Sep 2014 19:09 WIB

Ini Dia Jadwal Operasional Bus Sholawat

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Indah Wulandari
Bus Shalawat Haji Indonesia
Foto: kemenag.go.id
Bus Shalawat Haji Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH–Sebanyak 155  bus Sholawat melintasi rute dalam terowongan maupun di luar terowongan menuju Masjidil Haram.

Kepala Seksi Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Makah Suhendro Wagiono Irsyad menerangkan jadwal bus Sholawat. Yakni,  setelah sholat Dhuhur dan setelah sholat Ashar menjadi jam terpadat, begitu juga saat sholat Jumat.

“Apabila mau sholat Jumat ke Masjidil Haram berangkatnya harus dua jam sebelum dimulai,''saran dia, Selasa (23/9).

Untuk itu, pada jam-jam padat ada penambahan tenaga yang semula bertugas di kantor Daker Makkah  ditugaskan ke lapangan. Sebetulnya sejak awal untuk petugas transportasi sudah kekurangan tenaga. Untuk petugas transportasi sebetulnya yang diusulkan 240 orang dan yang dipenuhi hanya 179 orang.

Lebih lanjut dia mengatakan bus sholawat untuk transportasi jamaah haji Indonesia  berasal dari dua perusahaan, yakni Rawahell dan  Saptco. Untuk Saptco ada 54 armada sedangkan sisanya  bus Rawahell. Bus Rawahell ini sekitar 80 persen sopirnya adalah orang Sudan.

Sedangkan Bus Saptco sekitar 80 persen sopirnya orang Indonesia. Hendro mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan agar Bus Rawahell sopirnya banyak orang Indonesia, tetapi dari perusahaan tetap saja menggunakan sopir dari Sudan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement