Jumat 26 Sep 2014 09:52 WIB

Ssssttt... Kesibukan Mulai Tampak di Arafah (1)

Wukuf di Arafah
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Wukuf di Arafah

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Neni Ridarineni

MAKKAH -- Puncak haji tinggal minggu lagi. Di wilayah Arafah Kamis (25/9) sudah mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan seperti pemasangan tiang dan tenda-tenda jamaah haji, pemasangaan kabel listrik, instalasi listrik, pendirian WC portable, dan lain-lain.

Di lokasi maktab untuk jamaah haji Indonesia dan tempat Ketua Amirulhajj dalam hal ini Menteri Agama dan rombongan Amirulhajj lainnya melakukan khutbah Wukuf sudah bertumpuk tenda dan karpet serta prasarana dan sarana lainnya seperti AC, kipas angin, tabung pemadam kebakaran.

''Di sini tempat Pak Menteri dan para pejabat dari Indonesia,'' kata pekerja dari Lombok NTB Kusirin yang sedang memasang kabel di  Arafah, Kamis (25/9).

Sebagian tenda-tenda yang didirikan untuk para jamaah haji Indonesia sebagian besar baru berdiri tiang-tiang, tenda-tenda yang berwarna putih belum dipasang.

''Ini mulai dikerjakan sejak tiga hari lalu sampai sehari menjelang wukuf,'' kata Kusirin yang bekerja mulai pukul 14.00 hingga 02.00 dini hari. 

Tenda-tenda di Arafah ini meski warnanya sama putih semua, tetapi bentuknya berbeda-beda antara satu negara dengan negara lainnya. Lokasi tenda untuk para jamaah haji setiap maktab dan setiap negara sudah dibagi-bagi.

Untuk tenda-tenda jamaah haji Indonesia tampak lebih kecil bentuknya dibandingkan dengan tenda jamaah haji Turki. Kesibukan juga tampak di sepanjang jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement