Senin 20 Oct 2014 23:12 WIB

Peminat Umroh Tinggi, Saudi Airlines Buka Rute Baru

Rep: Antara/ Red: Indah Wulandari
Salah satu pesawat milik maskapai Saudi Airlines.
Foto: AFP
Salah satu pesawat milik maskapai Saudi Airlines.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Saudi Airlines membuka rute penerbangan Medan-Madinah dan Jeddah-Medan mulai 7 Desember 2014 karena melihat besarnya potensi umroh.

"Tahap awal, rencana penerbangan dua kali seminggu yakni Rabu dan Minggu. Dengan pesawat Boeng 747, manajemen menargetkan, untuk tahap awal, isian penumpang sudah bisa 80 persen," kata Managing Director General Sales Agent Saudi Airlines , Andri Bermawi, Senin (20/10).

Dipilihnya Medan dan termasuk Surabaya dengan operasional di bulan yang sama, karena selain penerbangan dari Jakarta yang sudah padat, kedua kota itu khususnya Sumut memiliki potensi cukup besar untuk penumpang umroh dan wisatawan lainnya.

"Sumut semakin diperhitungkan Bandara Kualanamu yang memilliki landasan pacu atau run way yang bisa menerima pesawat lebih banyak dan berbadan besar," katanya.

Dia menjelaskan, data menunjukkan, jumlah masyarakat yang umroh berkisar 3.500 prang per bulan dan akan semakin besar kalau ditambah potensi dari provinsi lain di sekitarnya seperti Sumatera Barat, Riau dan Aceh.

"Setelah habis bulan umroh, warga Sumut bisa berwisata karena Saudi Airlines juga memiliki rute ke Eopa dan Amerika Serikat dan sebaliknya Sumut bisa dikunjungi turis dari negara itu," katanya.

Menyangkut soal harga tiket, menurut VP Sales and Marketing General Sales Agent, Herry Setiawan, belum ditetapkan karena masih memperhitungkan nilai tukar mata uang.

"Namun, harga tiket dipastikan relatif murah mengingat layanan yang akan diberikan adalah'full service," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement