Selasa 21 Oct 2014 14:09 WIB

Shalat Zhuhur di Masjid Qiblatain (1)

Sejumlah jamaah berjamaah Shalat Dhuhur di Masjid Qiblatain, Madinah, Arab Saudi, Rabu (15/10) pekan lalu. Masjid Qiblatain ini menjadi salah satu dari tiga ikon masjid di Kota Madinah yang menjadi lokasi ziarah para jamaah haji maupun umrah. Dua masjid be
Foto: Republika/Zaky Al Hamzah
Sejumlah jamaah berjamaah Shalat Dhuhur di Masjid Qiblatain, Madinah, Arab Saudi, Rabu (15/10) pekan lalu. Masjid Qiblatain ini menjadi salah satu dari tiga ikon masjid di Kota Madinah yang menjadi lokasi ziarah para jamaah haji maupun umrah. Dua masjid be

Oleh: Zaky Al Hamzah, Madinah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Seusai mengunjungi Jabal Magnet, saya dan rekan Media Center Haji (MCH) Jeddah menjalani Shalat Dhuhur di Masjid Qiblatain. Masjid ini merupakan salah satu tempat ziarah di Kota Madinah bagi jamaah haji maupun umrah dari seluruh dunia. Dalam sejarah, Masjid Qiblatain ini adalah masjid pertama yang didirikan oleh Rasullulah Muhammad SAW sewaktu mampir di Quba dalam perjalanan beliau Hijrah ke Madinah. Lokasi Masjid Qiblatain berada di Jalan Khalid bin Al Walid, barat laut Kota Madinah. Letaknya di tepi jalan menuju kampus Universitas Madinah di dekat Istana Raja menuju ke jurusan Wadi Aqiq. Masjid ini ada di atas bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah, sekitar tujuh kilometer dari Masjib Nabawi.

Di dalam masjid ini ada mihrab yang mengarah Masjidil Haram, yang kini menjadi arah kiblat kaum muslimin. Orang yang datang ziarah ke masjid itu pun melaksanakan shalat wajib atau sunnah ke arah Masjidil Haram. Sedangkan mihrab berwarna putih yang tertempel di atas pintu utama masjid tersebut hanya sebagai sejarah yang menandakan bahwa pada zaman dahulu, Rasulullah Muhammad SAW pernah shalat ke arah Masjidil Aqsha, Palestina. Masjid Qiblatain ini menjadi salah satu dari tiga ikon masjid di Kota Madinah yang menjadi lokasi ziarah para jamaah haji maupun umrah. Dua masjid bersejarah lain adalah Masjid Nabawi dan Masjid Quba.

Desain interior di dalam masjid ini sungguh luar biasa. Menakjubkan. Terdapat rak Alquran warna putih nan apik dan menempel dinding utama dan dinding tiang bangunan masjid. Tumpukan Alquran pun tertata rapi. Karpet merah terhampar di semua ruangan, rasanya empuk dan nyaman saat kami shalat, terutama bersujud. Saya menjalani empat rakaat Shalat Dhuhur dengan perasaan tenang, hati berasa damai. Bisa karena khusyuk, bisa pula karena 'aura' dari doa dan tawassul karena masjid ini pernah digunakan Rasulullah Muhammad SAW saat Shalat Dhuhur, waktu bersamaan ketika saya beribadah di masjid tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meski tak dipasangi AC ukuran besar dan hanya kipas angin di setiap sudut, namun suhu ruangan di dalam masjid sangat sejuk. Meski di luar masjid saat itu terasa panas. Untuk pencahayaan, interior masjid ini diterangi oleh tiga lampu hias besar namun indah. Lampu-lampu itu menggantung menerangi ruangan utama masjid. Pada hiasan tersebut tersembul lampu neon berjumlah 36 buah. Ada tiga lampu hias seperti ini, yang satu memiliki lampu neon 24 buah, dan dua unit lain memiliki 36 lampu neon. Di samping kiri dan kanan lampu hias tersebut masih ada lampu yang ikut menerangi ruangan masjid tersebut. Saat saya dan rekan MCH menjalani Shalat Dhuhur, lampu-lampu tersebut tetap terang, apalagi saat malam hari.

Menilik sejarahnya, masjid tersebut awalnya bernama Masjid Bani Salamah karena dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Pada suatu hari, Rasulullah Muhammad SAW melakukan ta'ziyah di rumah Ny Ummi Basyar di Kampung Salamah. Kehadiran Rasulullah Muhammad SAW sangat menyenangkan hati perempuan itu yang baru saja memakamkan salah satu putrinya. Sehingga mendorong Ny Ummi Basyar memasak makanan khusus dengan menyembelih seekor kambing dan mengundang Rasulullah Muhammad SAW makan di rumah tersebut. Ketika memasuki waktu Shalat Dhuhur, Rasulullah Muhammad SAW melaksanakan shalat di Masjid Bani Salamah. Ketika itu, Rasulullah Muhammad SAW melakukan Shalat Dhuhur dengan menghadap ke arah Masjidil Aqsha.

Sebelumnya, kiblat shalat untuk semua nabi adalah Baitullah di Makkah. Seperti yang tercantum dalam Alquran surah Ali Imran ayat 96; “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk tempat beribadah manusia ialah Baitullah di Makkah yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” Kemudian, ketika Rasulullah Muhammad SAW berada di Kota Madinah, kiblat selanjutnya ditetapkan di Al Quds atau Masjidil Aqsha di Palestina dengan mengarah ke utara. Saat penentuan kiblat di Al Quds ini, umat Islam sama dengan umat dari kaum lainnya, yaitu Nasrani dan Yahudi memusatkan ibadah di Palestina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement