Ahad 10 May 2015 13:18 WIB

Dua Maskapai Haji Tandatangai Kontrak dengan Kemenag

Rep: c94/ Red: Damanhuri Zuhri
Maskapai Garuda Indonesia.
Foto: Antara
Maskapai Garuda Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Garuda Indonesia dan Saudi Airline akan melakukan penandatanganan kontrak dengan Kementrian Agama yang terpilih sebagai maskapai tranportasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 2015 pada Selasa (12/5).

"Tender haji sudah selesai. Insya Allah, 12 Mei pukul 13.00 akan ada penandatanganan kontrak di Kemenag," kata Kepala Seksi Penyiapan Transportasi Udara Haji, Edayanti Dasril saat dihubungi Republika,  Ahad (10/5).

Sebelumnya, Dasril menjelaskan, 23-24 Februari Kemendag mengundang sembilan perusahaan airline nasional dan satu airline asing.

Kesembilan airline nasional tersebut adalah  PT Garuda Airline, PT Lion Air, PT Indonesia AirAsia, PT Sky Aviation, PT Sriwijaya Air, PT Avia Star Mandiri, PT Trigana Air Service, PT Batik Air , Dan PT Citylink. Sedangkan satu maskapai asing Saudi Airline.

Pada tanggal tersebut, kata Edayanti, hanya ada lima perusahaan maskapai yang mengambil dokumen penyediaan transportasi udara yakni Garuda Indonesia, Saudi Airline, Trigana, Lion Air, dan Indonesia Air Asia.

Dasril mengatakan, pada saat memasuki tahapan proses penyediaan dokumen transportasi udara tanggal 3 Maret hanya ada empat maskapai yang hadir  Garuda Indonesia, Trigana, Indonesia AirAsia,  dan Saudi Airline.

Selanjutnya, 5-6 Maret, Direktorat Pelayanan Haji Dalam Negeri  hanya menerima dua dokumen penawaran berasal dari Garuda Indonesia dan Saudia Airline.

Kedua maskapai dipastikan lolos diverifikasi dokumen administrasi dan teknis. Sedangkan, tiga maskapai lainnya tidak melakukan penawaran. “Jadi kita tidak bisa bicara lolos atau tidaknya tetapi tiga maskapai tersebut tidak melakukan penawaran,”ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement