Senin 24 Aug 2015 05:42 WIB

Masjidil Haram akan Miliki Empat Lantai untuk Jemaah Haji

Rep: C25/ Red: Ilham
Masjidil Haram
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Masjidil Haram

REPUBLIKA.CO.ID, MEKKAH -- Mulai September, Masjidil Haram di Mekkah akan memiliki empat lantai untuk para peziarah Haji dan Umrah mengelilingi Ka'bah selama ritual tawaf.

"Pembangunan lantai tiga telah selesai," kata Sultan Al Qurashi, Manajer Proyek di Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, seperti dilansir alarabiya.net.

Berbicara tentang proyek seluas 76 ribu meter persegi tersebut, Al Qurashi menuturkan kalau mereka telah meningkatkan kapasitas mataaf di Masjidil Haram. Menurutnya, itu merupakan fase ketiga proyek perluasan milik Raja Abdullah bin Abdul Aziz agar para peziarah memiliki empat lantai untuk mengitari Ka'bah, selama musim haji.

Al Quraisy menerangkan, pekerjaan konstruksi akan selesai pada 9 September agar memungkinkan jemaah memasuki Masjidil Haram dan melakukan ritual dengan nyaman. Pekerjaan akan dilanjutkan pada 14 Oktober untuk pembangunan tiga gerbang utama.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, Masjidil Haram memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 114 ribu jamaah per jam, termasuk jalan khusus untuk peziarah penyandang cacat yang dapat memfasilitasi pergerakan kursi roda mereka. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement