Hipotek Halal Baru Sesuai Syariah Masuki Pasar Kanada

Sabtu , 21 Jan 2023, 16:10 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kawasan industri halal. Ilustrasi
Kawasan industri halal. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,TORONTO -- Sebuah perusahaan rintisan layanan keuangan Islami yang berbasis di Toronto, EQRAZ Inc., mengumumkan peluncuran bisnis hipotek yang sesuai Syariah. Mereka menyediakan layanan ini untuk 1,8 juta populasi Muslim Kanada yang berkembang pesat.

 

Terkait

Seluruh bisnis EQRAZ, termasuk produk, kebijakan dan prosedur disertifikasi Syariah disebut berada di bawah standar AAOIFI oleh Shariyah Review Bureau (SRB) yang berbasis di Bahrain. Mereka juga yang akan mengawasi dan mengaudit penawaran dan operasi perusahaan, sesuai dengan standar Syariah dan AAOIFI.

Baca Juga

"Kami membutuhkan waktu empat tahun untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi penawaran hipotek halal di Kanada, yang mencegah tersedianya pembiayaan skala besar," ujar Pendiri dan CEO EQRAZ, Syed Zuhair Naqvi, dikutip di Zawya, Sabtu (21/1/2023).

Ia menyebut, tantangan terbesar yang ia hadapi adalah mengembangkan produk halal yang tidak bertentangan dengan pajak Kanada, pengungkapan dan peraturan lainnya, serta memenuhi persyaratan pasar modal Kanada.

Produk yang ditawarkan Eqraz adalah produk terbarukan lima tahun, yang telah diuji terhadap semua peraturan perbankan Kanada, hipotek dan peraturan lainnya yang berlaku. Pengujian ini dilakukan baik oleh penasihat EQRAZ, maupun bank Schedule 1 selaku lembaga keuangan Kanada yang diatur oleh Federal Bank Act, yang menyediakan pendanaan hipotek halal.

"Produk hipotek halal EQRAZ menghindari masalah regulasi dan pendanaan yang dihadapi produk Musyarakah dan Murabahah tradisional, yang digunakan oleh perusahaan lain," lanjut dia.

terkait skalabilitas, Naqvi menyebut pihaknya bermitra dengan beberapa pemain top Kanada di industri ini. Semua hipotek EQRAZ akan dikelola oleh CMLS Financial, salah satu administrator hipotek pihak ketiga yang paling dihormati di Kanada, dengan aset senilai 30 Miliar dolar Kanada yang sedang dikelola.

EQRAZ memiliki hubungan eksklusif dengan broker hipotek terbesar Kanada, franchise Dominion Lending Center, Forest City Funding. Ini telah terintegrasi dengan platform Finastra's Filogix dan Newton's Velocity, yang memungkinkan sekitar 90 persen broker hipotek Kanada untuk mengajukan hipotek halal EQRAZ atas nama pelanggan mereka.

Shariyah Review Bureau, (SRB), dengan kantor pusatnya di Kerajaan Bahrain, didirikan pada 2004. Dilisensikan oleh Bank Sentral Bahrain, SRB memiliki jejak global dan telah mengembangkan sebuah rumah khusus peninjau dan auditor Syariah, yang diatur oleh Bank Sentral Bahrain untuk membantu menutup celah bagi institusi yang mencari struktur, sertifikasi, dan jaminan Syariah.

Perusahaan ini juga merupakan salah satu perusahaan Syariah terbesar dengan lebih dari 30 cendekiawan yang mencakup 16 negara.

“Kami sengaja memilih salah satu firma audit dan penasihat Syariah terkemuka dan paling dihormati untuk mengawasi kepatuhan Syariah EQRAZ, karena kami ingin menyerahkan diri kami pada standar tertinggi kepatuhan setiap saat," kata Anggota Dewan EQRAZ dan Kepala Penasihat Syariah, Moinuddin Malim.

CEO SRB, Yasser S Dahlawi, menyebut portofolio klien mereka (EQRAZ) telah berkembang secara signifikan dalam skala internasional. Keterlibatan ini semakin menunjukkan dedikasi pihaknya kepada klien seperti EQRAZ di Kanada.

"Kami berharap dapat terus memberi penghargaan kepada para pemangku kepentingan kami, dengan kepercayaan dan jaminan Syariah yang mereka butuhkan di tahun-tahun mendatang," ucap dia.  

Sumber:

https://www.zawya.com/en/press-release/companies-news/eqraz-inc-launches-halal-home-mortgages-across-several-canadian-provinces-x0vd9dxt?amp=1

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini