Kamis 24 Sep 2015 17:24 WIB
Insiden Mina

Muhammadiyah Prihatin dengan Insiden Mina

Rep: c27/ Red: Taufik Rachman
Petugas berusaha menolong jamaah haji yang terluka akibat terinjak-injak di Mina, Kamis (24/9).Reuters
Foto: Reuters
Petugas berusaha menolong jamaah haji yang terluka akibat terinjak-injak di Mina, Kamis (24/9).Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Umum PP Muhammadiah Abdul Mu'ti ikut prihatin atas terjadi musibah yang terjadi di Mina Arab Saudi. Ia berharap pada musibah ini tidak menimpa pada jamaah haji Indonesia.

"Tentu kita berdoa semoga yang sudah wafat khusnul kotimah dan diterima seluruh amalnya mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah," ujar Abdul Mu'ti saat dihubungi Republika, Kamis (24/9).

Ia mengatakan, bahwa hal ini dipicu karena para jamaah haji cenderung ingin melaksanakan melempar jumrah pada waktu utama. Sehingga mereka rela berdesakan hingga terjadi musibah di Mina.

"Kami menghimbau agar agar para jamaah ini dapat mengutamakan keselamatan dalam melempar jumroh tidak harus melaksanakan pada waktu-waktu yang utama, tetapi pada waktu-waktu yang sah," katanya.

Untuk menghindari musibah ini menimpa jamaah Indonesia, ia menghimbau agar petugas haji dapat mengarahkan para jamaah untuk melaksanakan ibadah dengan memperhatikan keselamatan pula. Bukan hanya memperhatikan melakukannya di waktu-waktu yang utama saja.

Abdul Mu'ti juga menghimbau agar pemerinta Indonesia segera melakukan identifikasi agar mengetahui dengan pasti seputar korban dari musibah di Mina. Dengan begitu dapat melakukan tindakan-tindakan selanjutanya dengan baik dan cepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement