Ahad 25 Oct 2015 19:55 WIB

Semua Jamaah Haji Indonesia Kembali ke Tanah Air

Haji
Haji

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH --- Semua jamaah haji Indonesia dipulangkan dari Arab Saudi pada Ahad (25/10). Sampai pukul 15.00 waktu Arab Saudi, jamaah haji yang sudah diterbangkan kembali ke Tanah Air dari Bandara Internasional King Abdul Azis (KAA) Jeddah dan Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah terdiri dari 372 kloter. Total jamaah mencapai 153.262 orang.

“Alhamdulillah, tinggal sembilan kloter lagi dan kloter terakhir akan //take off// Senin (26/10) dini hari nanti pukul 01.30 waktu sini,” kata Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah PPIH Arab Saudi Nurul Badruttamam kepada wartawan Republika, EH Ismail,  di Bandara AMAA Madinah, Ahad.

Adapun kloter terakhir yang akan diterbangkan dari Bandara AMAA Madinah, kata Nurul, adalah kloter Ujungpandang atau Makassar 27 (UPG 27) dan Lombok 11 (LOP 11). Apabila sembilan kloter terakhir tidak ada pengurangan penumpang, maka total jumlah jamaah haji dan petugas yang akan kembali ke Tanah Air mencapai 155.714.

“Mudah-mudah tidak ada lagi jamaah yang sakit sehingga harus tinggal di rumah sakit Arab Saudi.”

Kepala Daker Madinah Nasrullah Jasam menerangkan, jamaah kloter terakhir akan diberangkatkan dari Hotel Feyrus Season. Kloter yang berangkat  terakhir adalah kloter gabungan, yakni kloter UPG 27 dan kloter LOP 11. Pemulangan terakhir jamaah haji gelombang kedua dari Madinah ini sudah dikoordinasikan dengan Muassasah dan KJRI di Jeddah.

“Nanti mereka yang akan melepas  jamaah haji terakhir ke Tanah Air,” ujar Nasrullah.

Pantauan ROL, situasi Kota Madinah memang sudah semakin sepi oleh jamaah haji. Jamaah yang biasanya memenuhi Masjid Nabawi untuk melakukan shalat maupun kegiatan lain tak lagi berjubel. Masjid yang biasanya penuh sesak, kini mulai longgar. Jamaah yang ingin ke raudhah pun juga tidak banyak antre. Hanya sekitar tiga shaf shalat saja. Padahal, biasanya jamaah yang ingin masuk ke tempat makbul untuk berdoa ini sampai puluhan shaf.

Jamaah yang masih banyak terlihat di Masjid Nabawi adalah jamaah haji dari Pakistan, Bangladesh, India, dan negara-negara sekitar Arab Saudi. Sama halnya dengan jamaah haji dari Indonesia, Jamaah Malaysia pun terakhir pulang pada Ahad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement