Kamis 12 Nov 2015 16:22 WIB
haji 2015

Satu Jamaah Haji Pulang Hari Ini

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri
Jamaah haji sakit di Tanah Suci.
Foto: Antara/ca
Jamaah haji sakit di Tanah Suci.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Daerah Kerja (Daker) Makkah menyatakan satu jamaah haji sudah bisa dipulangkan ke Indonesia hari ini. Hal itu dipastikan setelah kondisi jamaah haji membaik dan mendapatkan persetujuan dari rumah sakit.

Kepala Daerah Kerja Makkah, Arysad Hidayat, mengungkapkan, terdapat satu orang jamaah haji asal Indonesia, yang direncakan untuk pulang ke Tanah Air hari ini.

Jamaah haji tersebut atas nama Tiro bin Sufu (73) asal Jakarta Selatan, DKI Jakarta, dengan nomor paspor B1707451 dari kelompok terbang JKG012.

Arsyad menerangkan jamaah haji tersebut akan dipulangkan menggunakan Saudi Airlines sekitar pukul 09.20 WIB, dan diperkirakan tiba di Indonesia Jum'at (13/11) siang sekitar pukul 11.00. Ia menambahkan sebelum dipulangkan, jamaah haji tersebut dirawat di RS King Abdullah, Makkah.

 

Arsyad belum bisa memastikan kepulangan sisa jamaah haji yang lain, lantaran sebagian besar masih mendapatkan perawatan di ruang ICU.

Menurutnya, perkiraan kepulangan para jamaah haji baru bisa dilakukan setelah mereka dinyatakan membaik dan dipindahkan ke ruang perawatan biasa.

Terkait pemulangan jamaah haji, Arsyad menambahkan pemulangan baru bisa dilakukan setelah sang pasien mendapatkan Medical Clearence atau Medical Information Form (MEDIF) dari otoritas rumah sakit.

Maka itu, Arsyad meminta keluarga jamaah haji yang ada di Tanah Air untuk bersabar menunggu kepulangan keluarganya.

"Mohon bersabar, berikan dukungan moral dan do'a untuk jamaah haji yang masih sakit dan dirawat di Tanah Suci," kata Arsyad kepada Republika, Kamis (12/11).

Sebelumnya, sekitar 16 jamaah haji dinyatakan masih berada di Arab Saudi karena masih dirawat di rumah sakit. Selain satu jamaah yang direncanakan pulang hari ini, kondisi sejumlah jamaah haji dikatakan sudah mulai membaik, dan tinggal menunggu izin dari rumah sakit untuk dipulangkan.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement