Rabu 09 Mar 2016 18:19 WIB

Asrama Haji Surabaya dan Jakarta Butuh Renovasi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Jamaah calon haji kloter 27 asal Banten beristirahat usai menjalankan Sholat di Masjid Pondok Gede Asramah Haji, Jakarta, Senin (7/9).  (Republika/Agung Supriyanto)
Jamaah calon haji kloter 27 asal Banten beristirahat usai menjalankan Sholat di Masjid Pondok Gede Asramah Haji, Jakarta, Senin (7/9). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq mengatakan beberapa asrama haji saat ini tak layak digunakan. Maman sempat berkunjung ke asrama haji Surabaya dan Pondok Gede.

"Saya sempat berkunjung ke asrama haji di Surabaya dan Pondok Gede, disana asrama haji mengkhawatirkan, sudah cukup tua, kumuh dan tempat tidur yang tidak layak dan perlu direnovasi," ujar dia kepada Republika.co,id, Rabu (9/3).

Meski asrama haji tidak layak, tetapi mereka masih menggunakan asrama ini untuk kepentingan lain seperti pernikahan maupun khitanan. Seharusnya pengelolaan keuangan ini mampu membiayai renovasi haji.

Sehingga perlu adanya transparansi pengelolaan keuangan. "Kami ingin tahu secara rinci pengelolaan keuangan dan peruntukkannya untuk apa saja dananya,"jelas dia.

Maman melihat masalah ini cukup pelik karena ada fasilitas yang harus diperbaiki, tetapi di satu sisi APBN tidak dapat diserap sempurna. Kemenag seharusnya dapat memperbaiki masalah ini sehingga untuk program tahun depan tidak terjadi hal yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement