Senin 14 Mar 2016 14:42 WIB

DPR Minta Kemenag Pastikan Jumlah Kuota Haji 2016

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko
Haji
Haji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin segera memastikan jumlah kuota haji tahun 2016. Saleh juga meminta agar Lukman dapat mendesak Kementrian Haji Arab Saudi untuk mengembalikan kuota haji 2017 kembali normal.

"Kita ingin mencermati penambahan kuota untuk tahun ini, sehingga pemerintah bisa mempersiapkan sedini mungkin kebutuhan jamaah haji seperti pengadaan visa, pemondokan, transportasi," ujar dia kepada Republika.co.id, Senin (14/3).

Selain itu, pemerintah juga harus segera memastikan jadwal keberangkatan jamaah haji juga dapat mempersiapkan diri saat keberangkatan. Terkait kuota tambahan 10 ribu, ini merupakan kebijakan Arab Saudi tetapi Indonesia tetap membutuhkan kepastian terkait penambahan ini.

Dengan adanya tambahan 10 ribu kuota ini tentu akan berdampak langsung pada jumlah antrian haji. "Penambahan kuota di tahun ini tentu dapat mengurangi antrian," ujar dia.

Menag juga harus dapat meyakinkan Arab Saudi agar kuota kembali normal. Kuota yang kembali normal juga secara signfikan dapat memperpendek antrian haji.

Sementara itu Menteri Agama bersama Dirjen PHU saat ini masih berada di Arab Saudi untuk membahas kuota dan usulan peningkatan pelayanan haji 2016. Namun Arab Saudi hingga hari ini belum memberikan jawaban atas usulan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement