Selasa 14 Jun 2016 23:22 WIB

Menag: Petugas Haji Raih Lima Keberuntungan

Calon Haji difabel berjalan dengan bantun petugas saat berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (8/9).   (Republika/Yasin Habibi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Calon Haji difabel berjalan dengan bantun petugas saat berada di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (8/9). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1437 H merupakan orang beruntung. Lukman menyebut paling tidak ada lima keberuntungan yang bakal diraih oleh petugas haji.

‘’Pertama, sudah pasti dapat ilmu. Kita dapat ilmu bagaimana memanej 168.800 jamaah haji Indonesia, jamaah terbesar dibandingkan negara lain,’’ kata Lukman saat membuka acara Pembekalan Petugas PPIH Arab Saudi 1437 H di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (14/6) malam.

Petugas haji tidak hanya memperoleh ilmu, tapi juga mendapatkan pengalaman menangani jamaah dengan berbagai macam kompleksitas permasalahannya.

‘’Ketiga, petugas PPIH mendapat kesempatan ibadah dalam arti yang seluas-luasnya,’’ katanya. ‘’Ibadah dalam arti luas yakni melayani tamu-tamu Allah. Karena, kita dipercaya Allah untuk melayani tamu-tamu-Nya.’’

Selain biaya operasional, petugas PPIH mendapat keuntungan berupa kemuliaan. ‘’Kita akhirnya mendapat kemuliaan. Karena itu, apa yang kita lakukan itu harus dilandasi pada keikhlasan,’’ ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement