Sabtu 02 Jul 2016 14:00 WIB

Menag Pastikan Kesiapan Pemondokan Jamaah Haji

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Angga Indrawan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers mengenai sidang Itsbat awal Ramadhan, Ahad (5/6) malam di Jakarta.  (Republika / Darmawan)
Foto: Republika/ Darmawan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan keterangan pers mengenai sidang Itsbat awal Ramadhan, Ahad (5/6) malam di Jakarta. (Republika / Darmawan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan urusan pemondokan jamaah haji 2016 telah dirampungkan. Kesiapan tersebut ia pantau langsung dengan melakukan kunjungan ke sejumlah hotel tempat jamaah haji menginap baik di Makkah maupun Madinah.

"Urusan pemondokan sudah selesai, baik hotel-hotel yang ada di Makkah maupun Madinah kita jamin seluruhnya setara hotel bintang tiga," ungkap Lukman setibanya di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, usai melakukan kunjungan ke Saudi Arabia, Sabtu (2/7).

Selain pemondokan, Lukman juga melakukan pemantauan langsung ke katering dan dapur umum yang melayani konsumsi seluruh jamaah haji selama di Tanah Suci. Dalam kunjungannya, Lukman mengaku tak ketinggalan melaksanakan simulasi pengoperasian bus shalawat.

Sementara itu, menurut Lukman, persiapan yang masih membutuhkan waktu dalam penyelesaiannya adalah terkait visa. Hingga saat ini, pembuatan visa masih dalam tahap entry data untuk diproses melalui e-hajj dengan lebih intensif. Ia memastikan proses penerbitan visa bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Dalam kunjungan ini, Lukman juga melakukan sejumlah pertemuan dengan Kantor Urusan Haji Indonesia (KUHI) di Jeddah untuk memantapkan koordinasi dan memperbaiki struktur kepengurusan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) agar haji tahun ini bisa berjalan efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement