Ahad 14 Aug 2016 02:01 WIB

Foto Petugas Ditempel demi Layani Jamaah

Calon jamaah haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.
Foto: Republika/Amin Madani
Calon jamaah haji Indonesia tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Sektor 1 Daerah Kerja (Daker) Makkah punya cara dalam meningkatkan pelayanan petugas terhadap jamaah haji. Sektor yang berada di wilayah Mahbas Jin ini menempel foto para petugas di tiap pemondokan jamaah guna meningkatkan pelayanan ibadah haji.

‘’Di masing-masing pemondokan, kita akan tempel foto beserta data berupa nama, tugas dan nomor teleponnya,’’ kata Kepala Sektor 1 Daker Makkah, Herman, saat ditemui wartawan di Misbah Jin, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (13/8). ‘’Dengan ditempel nomor kontaknya, jamaah jadinya bisa mengontak jika membutuhkan jasa mereka.’’

Seperti dilaporkan wartawan Republika.co.id, Didi Purwadi, dari Makkah, sektor 1 berkekuatan 45 petugas yang terdiri atas 21 petugas dari Kemenag, tujuh petugas dari Kemenkes serta 14 tenaga musiman (temus). Di Sektor 1 ini, ada sebanyak 9 pemondokan jamaah di wilayah Misbah Jin yang jaraknya berdekatan.

Selain itu, Sektor 1 Daker Makkah juga menempatkan petugas di tiap pemondokan. Tidak seperti tahun lalu dimana petugas tidak menginap di pemondokan jamaah. Tahun lalu petugas selalu kembali ke kantor sektor setelah selesai melaksanakan tugas sehingga tidak ada petugas yang stand by di pemondokan jamaah.  

‘’Sekarang petugas bekerja bukan di sektor, tapi bekerja di pemondokan jamaah,’’ katanya.

Herman membagi shift petugas yang berjaga atau stand by di pemondokan jamaah dari mulai pukul 23.00 sampai 07.00. Jumlah sebanyak dua orang dari unsur Kemenag dan temus. Jadi, katanya, petugas akan nginep dan berjaga sampai pagi hari sehingga jamaah bisa dilayani selama 24 jam.

Sektor 1 membawahi 9 pemondokan sekelas hotel bintang tiga. Selain memiliki ruang lobi yang cukup luas, ada 11 lift yang bisa digunakan oleh jamaah. Ada juga empat dispenser berisi air zamzam di setiap lantainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement