Senin 22 Aug 2016 08:28 WIB

Lagu Anak Adam, Legenda God Bless, dan Rocker Naik Haji

Konser Godbless Panggung Sandiwara
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Konser Godbless Panggung Sandiwara

Menunaikan ibadah haji adalah impian setiap Muslim. Begitu juga yang terasa bagi seorang personel grup rock legendaris, Godbless,  Donny Fattah (Gidon Patta Onoa Gagola). Setelah mengalami jatuh bangun dalam kehidupan, penulis banyak 'lagu lestari', ini tanpa dinyana datanglah panggilan untuk berhaji melalui adik perempuannya, Farida, pada Ramadhan 1994. Donny menceritakan pengalaman ini beberapa waktu silam di rumahnya yang mungil di kawasan Lebak Bulus, Jakarta.

‘’Kak Don, mau nggak naik haji?’’ tanya Farida kepada sang kakak. Sesaat Doni pun terentak karena mendengar tawaran yang luar biasa dan diluar dugaan.

‘’Wah bener ini?’’ tukas Doni balik bertanya dengan spontan. Farida pun membenarkannya.

‘’Ini ada tiket satu nih?’’ ujar Farida menyambut pertanyaan itu.

Donni pun hanya mampu   menjawabnya dengan pernyataan pendek karena terharu:’’Alhamdulillah…’’

Donni mengaku perjalanan menunaikan ibadah haji ke tanah suci baginya adalah sebuah perjalanan batin yang luar biasa. Apalagi dia memeluk agama Islam bukan sedari kecil, tapi ketika sudah dewasa saat hendak menikah pada tahun 1975. Dan niat untuk menunaikan ibadah haji sudah terpendam cukup lama. Namun dia belum mampu berhaji karena belum terkumpul dana.

‘’Setelah menjadi mualaf saya belajar keras mendalami agama Islam. Tak hanya saat di Indonesia saja, saat saya tinggal di Amerika Serikat selama tiga tahun saya banyak belajar agama di berbagai Islamic Center yang ada di negara itu. Salah satu pencarian imanku saya tuangkan juga pada lagu 'Anak Adam', yang aku buat pada tahun 1978. Di situlah aku mulai menyadari perjalanan spiritualku,’’ ujar Donny Fattah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement