Sabtu 27 Aug 2016 04:51 WIB

Tawaf Bersama Rembulan

Jamaah melaksanakan ibadah tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Sabtu (12/9).  (foto : AP)
Jamaah melaksanakan ibadah tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Sabtu (12/9). (foto : AP)

Pada pertengahan Agustus lalu beredar viral di laman media sosial, yakni Facebook. Pesannya sangat menarik sekaligus membuat terkejut.

Isi pesan yang beredar tersebut sebagian di antaranya begini:

Asslm.Wr.Wb.,

Malam ini Jam 03.25 MMT (Mecca Mean Time) waktu Mecca, Bulan akan mengelilingi (Tawaaf) Ka’bbah. Ini terjadi dalam 100,000 TAHUN sekali.

Sky will be light blue, this ia a moment of acceptance and this moment comes after every 100 Thousand Years, you can ask ALLAH SWT what ever you want to ask.

Pesan ini tersebar dan meluas. Dari sambutan yang terekam dalam medsos tersebut, terlihat betapa antusiasnya publik menanggapi. Semuanya terkesan bahagia dan takjub.

Namun sayangnya, ketika pesan ini ditelusuri, pesan tersebut ternyata hoax. Sebab, kemudian muncul temuan bahwa berdasarkan penelusuran pada arsip-arsip internet menunjukkan bila pesan ini sudah beredar sejak tahun 2011-an di Malaysia dengan versi yang senada atau mirip.

Meski begitu, apa pun isi pesannya, bagi yang kebetulan pernah menikmati pancaran rembulan purnama dekat Ka’bah, maka pengalaman tersebut tetap menggairahkan dan tak terlupakan. Wajah bulan yang penuh di atas langit Ka’bah sungguh terasa eksotis sekaligus mengharukan.

Apalagi kalau paham bahwa semua unsur di alam semesta ini pada dasarnya melakukan gerak memutar (tawaf) seperti bulan itu, baik itu atom, hingga bumi, planet-planet di tata surya, bahkan matahari juga memutari orbitnya.

Subhanallah.Allahu Akbar!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement