Ahad 11 Sep 2016 14:06 WIB

Saudi Penuhi Kebutuhan Sayuran dan Buah Jamaah Haji

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko
madinah
Foto: taufik rachman
madinah

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Musim haji membawa berkah kepada masyarakat Arab Saudi. Selama musim haji 2016, sekitar 1.000 ton buah-buahan dan sayuran dipasok dari Jeddah ke Madinah dan Makkah.

Mohamed Al-Juhani, anggota Komite Food di Jeddah mengatakan, sekitar tiga juta jamaah haji dari seluruh dunia berkumpul di Kota Suci. Namun, kebutuhan jamaah haji telah terpenuhi.

"Pangsa di Makkah untuk sayuran mencapai 250 ton per hari. Jeruk dari Cina 200-250 ton per hari, apel Chili dan Amerika," kata Al-Juhani kepada media lokal seperti dilansir Arabnews, Ahad (11/9).

Selain itu, sekitar 200 ton tomat dikonsumsi jamaah per hari. Jumlah hampir sama dengan pasokan konsumsi sayuran seperti bawang merah dan kentang. Ribuan jamaah haji saat ini sedang bersiap melaksanakan wukuf di Arafah, Ahad (11/9). Mereka mulai memadati Mina di tenda-tenda yang didirikan sejak Sabtu (10/9).

Cuaca ekstrem mengutas fisik jamaah yang akan melaksanakan wukuf. Namun, kondisi cuaca tidak memengaruhi semangat mereka melaksanakan wukuf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement