Jumat 24 Feb 2017 10:30 WIB

Calon Haji Gembira Penambahan Kuota Haji Direalisasikan

Haji
Haji

IHRAM.CO.ID, KOTIM -- Calon haji di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menyambut gembira direalisasikannya penambahan kuota haji karena dapat mengurangi panjangnya daftar tunggu calon haji.

"Saat ini daftar tunggu calon haji di Kotawaringin Timur sampai 25 tahun. Itu kan sangat lama. Kasihan bagi yang sudah tua. Kalau kuota ditambah, ada harapan bisa berangkat haji lebih cepat," kata Rahmadi, salah satu calon haji di Sampit, Kamis Kemarin.

Calon haji di Kotawaringin Timur saat ini sudah lebih dari 3000 orang atau baru habis diberangkatkan dalam waktu 25 tahun. Musim haji 2016, jemaah haji dari kabupaten ini yang diberangkatkan sebanyak 146 orang, termasuk petugas haji.

Pemerintah merealisasikan penambahan kuota haji. Penambahan kuota haji itu ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 75 tahun 2017 tentang penetapan kuota haji tahun 1438 Hijriyah/2017 Masehi.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kotawaringin Timur, Rabiatul Adawiyah mengakui sudah terbitnya surat edaran terkait penambahan kuota haji. Namun masih ditunggu keputusan terkait jumlah pasti penambahan kursi yang didapat Kotawaringin Timur.

"Kuota haji Kotawaringin Timur bagian dari kuota provinsi. Kami juga masih menunggu informasi kepastian kuota dari provinsi," kata Rabiatul.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Agama, kuota haji Kalimantan Tengah pada tahun lalu sebanyak 1.069 kursi, tahun ini bertambah menjadi 1.603 kursi. Melihat penambahan itu, hampir dapat dipastikan Kotawaringin Timur juga akan kebagian penambahan kuota namun belum diketahui jumlahnya.

Kotawaringin Timur berharap mendapat prioritas dalam penambahan kuota haji karena daftar tunggu calon haji sangat banyak. Animo umat Islam di daerah ini untuk menunaikan ibadah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement