Ahad 02 Apr 2017 09:19 WIB

Pemerintah Kano Minta Calon Jamaah Jalani Tes Kesehatan

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Agus Yulianto
Jamaah haji sakit di rawat di klinik kesehatan (Ilustrasi)
Foto: Republika/ Amin Madani
Jamaah haji sakit di rawat di klinik kesehatan (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, ABUJA -- Dewan Kesejahteraan Jamaah Kano (negara bagian Nigeria) meminta calon jamaah melakukan tes kesehatan sebelum berangkat ke Tanah Suci. Pemeriksaan kesehatan harus dilakukan oleh pusat kesehatan yang diunjuk oleh pemerintah.

Sekretaris Eksekutif Dewan Kesejahteraan Jamaah Kano Malam Abba Yakubu mengatakan tes akan memungkinkan para jamaah untuk mengetahui status kesehatan mereka. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan saran medis yang diperlukan tentang bagaimana menangani tantangan kesehatan masing-masing jamaah.

“Tes kesehatan akan mengetahui status kesehatan mereka. Kami jadi mengetahui tantangan kesehatan dan saran medis yang diperlukan,” kata dia seperti dilansir dari The News Guru, Sabtu (1/4) malam.

Yakubu mengatakan, keinginan itu sejalan dengan Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) dimana semua Dewan Kesejahteraan setiap negara bagian harus memastikan jamaah melakukan tes kesehatan.

Untuk urusan akomodasi haji, pemerintah negara bagian telah mengamankan tempat layak bagi jamaah di dekat Kabah untuk memudahkan mereka pergi ke Masjidil Haram dengan mudah. “Kami ingin mengurangi kesulitan yang dialami oleh para jamaah dalam mencapai Masjidil Haram dan kebutuhan mencegah hilangnya nyawa jamaah,” ujarnya.

Menurut dia, pemerintah negara bagian telah meningkatkan 31 pusat pelatihan haji. Yakubu pun meminta, jamaah mengikuti pelatihan kegiatan haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement