Rabu 03 May 2017 01:00 WIB

IPHI Barito Utara Gelar Bimbingan Manasik Haji

Bupati Barito Utara Nadalsyah
Foto: ANTARA
Bupati Barito Utara Nadalsyah

IHRAM.CO.ID, MUARA TEWEH - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan bimbingan manasik haji bagi jamaah calon haji tahun 2017 di daerah tersebut. "Ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang mempunyai kemampuan untuk melaksanakannya," kata Bupati Barito Utara, Nadalsyah saat membuka kegiatan di Muara Teweh, kemarin.

Oleh karena itu, kata Nadalsyah, sebelum berangkat melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarramah, harus lebih dahulu mempersiapkan diri dengan bermacam-macam persiapan secara matang dan teratur, baik dalam bentuk material maupun ilmu pengetahuan yang diperlukan untuk itu. Ini penting, kata bupati, agar dalam melaksanakan ibadah haji nantinya akan memperoleh hasil yang baik dan memuaskan yaitu haji mabrur dan maqbul yang diridhai oleh Allah SWT. Karena haji yang mabrur itulah yang menjadi dambaan dan harapan semua jamaah.

"Pengurus daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Barito Utara telah berinisiatif untuk melaksanakan bimbingan manasik haji untuk membantu para jamaah calon haji dalam menunaikan ibadah haji," katanya.

Menurut Nadalsyah, manasik haji yang akan dimulai pada hari ini adalah merupakan suatu kesempatan baik yang diadakan khusus untuk jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara dalam rangka memberikan pengetahuan mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji. Karena itu, kepada jamaah calon haji, diharapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik. "Manasik haji ini merupakan gladi resik yang akan dilaksanakan di Tanah Suci nanti,"  ujarnya.

Nadalsyah mengatakan, mengerjakan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah Al Mukarramah di samping sebagai ibadah kepada Allah SWT juga para jamaah calon haji dituntut untuk memperhatikan hubungan dan manfaat lainnya yang perlu dibina dan dipupuk dalam melaksanakan ibadah haji ini. Dalam melaksanakan ibadah haji nanti, kata dia, semua jamaah calon haji untuk memperhatikan lima tertib yaitu, tertib ibadah.

"Dalam melaksanakan ibadah haji supaya dapat mengutamakan rukun dan wajib haji dari pada sunat-sunat lain," ujarnya. Selain itu, calon jamaah haji juga harus tertib kesehatan selama menjalankan ibadah haji, tertib makan dan minum, mengutamakan makan makanan yang bergizi dan minum secukupnya, juga mengonsumsi pula buah-buahan segar.

Selain itu, tertib istirahat dengan manfaatkan waktu istirahat sebaik-baiknya agar kondisi tubuh tetap prima. Tertib barang dengan membawa barang-barang yang sangat dibutuhkan dengan jumlahnya tidak melebihi ketentuan bawaan barang dan tidak membawa barang terlarang.

"Kepada IPHI Kabupaten Barito Utara yang telah memprogramkan kegiatan ini, atas nama pemerintah daerah saya sampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Dan kepada para pembimbing kami sangat mengharapkan bantuan yang maksimal kepada jamaah calon haji Barito Utara baik dalam bentuk pengetahuan maupun dalam bentuk bantuan lainnya, sehingga para jamaah calon haji akan sukses dalam melaksanakan ibadah haji," ujar dia.

Calon jamaah haji Barito Utara tahun ini sebanyak 145 orang dan saat ini sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh pemerintah daerah setempat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement