Senin 19 Jun 2017 06:36 WIB

Menag Berbaur dengan Jamaah Ngabuburit di Masjid Nabawi

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbaur dengan jamaah sambil menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah
Foto: Ani Nursalikah/Republika
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berbaur dengan jamaah sambil menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sedang berada di Madinah untuk mengecek kesiapan layanan penyelenggaraan ibadah haji bagi jamaah Indonesia. Menjelang waktu berbuka, Menag ngabuburit berbaur bersama umat Islam lainnya di Masjid Nabawi.

Duduk lesehan di salah satu ruangan masjid, Menag tampak membaur dengan umat Islam lainnya. Menag memanfaatkan waktu jelang berbuka dengan membaca Alquran. Sesekali ia juga melayani permintaan foto dari jamaah umrah Indonesia yang sedang berada di Madinah.

“Jamaah umrah Indonesia selintas terlihat kaget melihat Menteri Agama ada di tengah-tengah mereka. Tidak lama kemudian, banyak di antara mereka yang meminta foto,” kata Abdullah Faqih yang ikut mendampingi Menag di Masjid Nabawi, Ahad (18/6).

Masjid Nabawi menyediakan takjil berbuka puasa setiap hari selama Ramadhan. Menurut Faqih, ada berbagai menu takjil yang disediakan, seperti kurma, roti, dan aneka makanan khas Timur Tengah.

Usai berbuka, Menag bersama ribuan jemaah lainnya melaksanakan shalat Maghrib berjamaah di Masjid Nabawi. Menag bertolak ke Saudi pada Sabtu (17/6) lalu. Ia dijadwalkan berada di Saudi sampai 22 Juni mendatang untuk mengecek persiapan layanan penyelenggaraan ibadah haji bagi jamaah Indonesia. Tidak hanya di Madinah, pengecekan juga akan dilakukan di Makkah serta Arafah dan Mina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement