Sabtu 05 Aug 2017 10:33 WIB

Imam Masjidil Haram: Haji Terlarang untuk Politik!

Sheikh Dr Saleh Bin Abdullah Bin Humaid ketika memberikan khutbah Jumat, di Masjidil Haram Makah..
Foto: Saudi Press Agency
Sheikh Dr Saleh Bin Abdullah Bin Humaid ketika memberikan khutbah Jumat, di Masjidil Haram Makah..

IHRAM.CO.ID, MAKKAH/MADINAH  — Imam Masjidil Haram Syeikh Dr Saleh Bin Abdullah Bin Humaid,  menekankan bahwa ritual haji tidak boleh digunakan untuk memajukan kepentingan politik kelompok atau negara manapun.

Sikap Kerajaan Arab Saudi mengenai masalah ini, katanya, sangat tegas: melarang keras untuk memindahkan ziarah ibadah haji ke dalam aktivitas politik di mana ideologi, partai, sekte, aliran pemikiran dan sistem pemerintahan bersaing satu sama lain untuk mendapatkan beberapa poin keuntungan pada setiap isu yang ada. .

Pernyataan itu, disampaikannya keyika memberikan  khotbah Jum'at dihadapan ribuan peziarah haji yang datang dari seluruh dunia di di Masjidil Haram, Bin Humaid beberapaki kalli menegaskan bahwa terlibat dalam kegiatan politik semacam itu, sangat berkompromi dengan kesetiaan agama yang mulia dan tinggi yang menyertai ziarah haji, Saudi Press Agency (SPA) Dilaporkan.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Sheikh Bin Humaid mengatakan bahwa kebijakan pemerintah Saudi  jeas tidak mengizinkan eksploitasi agama oleh siapapun di tempat-tempat suci. Hal itu karena akan mengalihkan perhatian para peziarah dari tujuan utama mereka, yaitu menghabiskan seluruh waktu dan usaha mereka dalam beribadah kepada Allah Yang Maha Kuasa dan melaksanakan ritual haji mereka dengan pengabdian dan ketulusan.

‘’Politisasi ibadah haji tidak akan membawa kebaikan kepada ummat yang sudah mengalami perselisihan dan perbedaan,. Pihak pemerintah Arab Saudi menyediakan semua layanan kepada peziarah dan merawat mereka. Semua pihak yag teribat dalam ibadah haji bertanggung jawab untuk mengambil tindakan tegas untuk melindungi keamanan warga negara, ekspatriat, peziarah haji dan umrah,’’ katanya.

Adanya kebijakan itu, lanjut Bin Humaid, pihak keamanan negara dan tempat-tempat suci tidak mengizinkan tindakan apapun yang mengaburkan atmosfir spiritual ini,. Sebab, bila dibiarkan aka akan merugikan kepentingan publik atau menimbulkan rasa tidak hormat terhadap kepekaan umum umat Islam.

Sheikh Bin Humaid lebih lanjut mengatakan bahwa dalam urusan pelayanan jamaah haji pemerintah Saudi teah memiliki kebijakan yang konstan. Kebijakan ini jelas menyatakan bahwa tidak akan mencegah seorang Muslim mengunjungi Masjidil Haram di Makkah atau Masjid Nabawi di Madinah terlepas dari sikap politiknya atau afiliasi sektariannya. Sebaliknya, ia menyambut semua dan ramah untuk semua. Apalagi satu-satunya slogan dalam haji adalah slogan monoteisme "Labbaika Allahumma labbaik” (kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah).

Sementara dalam khotbahnya, Sheikh Salah Al-Budair, Imam Masjid Nabawi di Madinah, memusatkan perhatian pada manfaat akhirat. Dia mengatakan bahwa kehidupan duniawi ini bersifat sementara; Kehidupan yang nyata dan kekal adalah kehidupan akhirat, yang lebih penting dan kekal. Oleh karena itu, katanya, seorang muslim harus memastikan bahwa tujuannya adalah untuk menyenangkan Allah SWT, mohon pengampunan-Nya dan dapatkan tempat tinggal di surga.

sumber : saudi gazette
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement