Jumat 15 Sep 2017 16:00 WIB

BIJB Berpotensi Jadi Pemberangkatan Umrah

Lanskap maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Lanskap maket proyek pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

IHRAM.CO.ID, BANDUNG -- Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menyatakan BIJB  sangat berpotensi menjadi tempat pemberangkatan umrah. Selama ini setiap harinya, terdapat 7.000 pemberangkatan umrah se-Indonesia, 2.500 di antaranya berangkat melalui Bandara Soekarno Hatta di Jakarta.

Potensi para jamaah umrah, kata dia, dapat diserap oleh BIJB dengan menyediakan berbagai fasilitas khusus jamaah umrah dan haji. Lounge gratis dan khusus VIP seluas 770 meter persegi, akan disiapkan untuk jamaah umrah di sayap kiri terminal keberangkatan, lengkap dengan kursi tunggunya.

Virda mengatakan, akan dibangun juga 15 mushala dengan luas 142 meter persegi di bandara tersebut yang mengantongi sertifikasi arah kiblat, tempat wudu yang terpisah dari toilet, sampai penyediaan gerai makanan dan minuman halal.

"Dengan berbagai fasilitas untuk ibadah dan penyediaan toko-toko halal tersebut, diharapkan BIJB akan mendapat anugerahWorlds Best Airport for Halal Travellers pada tahun berikutnya," katanya.

Menurut Virda, pekerjaan pembangunan sisi darat yang terbagi dalam tiga paket pekerjaan hingga 13 September ini sudah mencapai 59,39 persen. Ditargetkan pembangunan bandara oleh kontraktor BUMN terpercaya ini selesai pada Desember 2017.

Pengerjaan pembangunan BIJB dalam paket infrastruktur, kata dia, sudah mencapai 93,7 persen. Pembangunan terminal penumpag sudah 41,49 persen, sedangkan bangunan penunjang sudah dibangun mencapai 87,3 persen.

BIJB sendiri, menurut Virda, dirancang menjadi bandara untuk melayani pesawat berbadan lebar, dengan kapasitas 121 ribu meter persegi untuk terminal penumpang dan 90 ribu meter persegi untuk terminal kargo. BIJB akan meringankan lalu lintas udara di Bandara Soekarno Hatta yang sudah menjadi bandara kedelapan terpadat di dunia tersebut. N Arie Lukihardianti

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement