Sabtu 14 Oct 2017 21:36 WIB

Lima Jamaah Haji yang Dirawat di Saudi Diperbolehkan Pulang

Rep: Muhyiddin/ Red: Hazliansyah
Petugas medis mengevakuasi dua jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah ke Makkah, Rabu sore (16/8).
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Petugas medis mengevakuasi dua jamaah sakit di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah ke Makkah, Rabu sore (16/8).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Lima jamaah haji Indonesia yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) sudah diperbolehkan pulang dan akan segera kembali ke tanah air.

Kelimanya yaitu Siti Rahmah dari kloter 9 Embarkasi Lombok, Marsinah Karmat Sarmin dari kloter 94 Embarkasi Solo, Sayad dari kloter 16 Embarkasi Banjarmasin, Masenin dari kloter 17 Embarkasi Jakarta, dan Juminah dari kloter 06 Embarkasi Jakarta.

Mereka akan kembali dengan pendampingan dari petugas Kantor Urusan Haji (KUH) di Jeddah.

Staf Teknis I KUH, Ahmad Dumyathi Basori mengatakan, kelima jamaah akan diberangkatkan pada Sabtu pukul 19.30 waktu Arab Saudi.

"Persiapan pemulangan sudah selesai. Medical Information Form (MEDIF) yang dikeluarkan pihak berwenang dan sekaligus menjadi syarat kelaikan terbang sudah keluar. Tiket kepulangan jamaah juga sudah siap," ujar Dumyathi, Sabtu (14/10).

Menurut Dumyathi, kelima jamaah akan pulang dengan kondisi yang berbeda-beda. Tiga jamaah dalam posisi duduk sehingga hanya membutuhkan satu kursi. Sementara, dua jamaah lainnya pulang dalam posisi berbaring dengan alat bantu kesehatan atau strecher. Untuk posisi ini, masing-masing membutuhkan minimal tiga kursi pada penerbangan internasional dan 12 kursi pada penerbangan domestik.

Sebelumnya, jamaah atas nama Masdar Asngari Abu Kasan sudah pulang ke Tanah Air pada Jumat (13/10) kemarin. Jamaah yang tergabung dalam kloter 4 Embarkasi Solo (SOC 04) ini sudah diantar petugas ke rumahnya di Banyumas.

Setidaknya ada 60 jmaah haji Indonesia yang dirawat di RSAS pasca berakhirnya operasional haji tahun 2017. Empat jamaah diantaranya wafat di Arab Saudi. Dengan kembalinya lima jamaah ini, total sudah ada enam yang pulang ke Indonesia.

Namun, saat ini masih ada 50 jamaah yang menjalani perawatan di RSAS. Menurut Dumyathi, ada empat jamaah lagi yang sudah keluar MEDIF nya dan saat ini sedang menunggu tiket dan persiapan pulang. Keempat jamaah tersebut adalah Muh Yusroni Atom Pawiro (SOC 78), Udir Tio Sardam (JKS 58), Hatmi Sutjipto Kasandihardja (SOC 43), dan Sutrisno Broto Wiharjo (SOC 27).

"Kalau semuanya sudah siap, keempat jmaah ini juga akan segera kami proses kepulangannya," kata Dumyathi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement