Rabu 13 Dec 2017 13:38 WIB

Jabar Sudah Punya 716 Pembimbing Manasik Haji Bersertifikat

Menag bersama Kakanwil Kemenag Jabar dan jajarannya
Foto: dok. kemenag.go.id
Menag bersama Kakanwil Kemenag Jabar dan jajarannya

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- Meningkatnya indeks pelayanan penyelenggaraan haji yang diterima oleh Kementerian Agama RI beberapa waktu yang lalu sesuai dengan penelitian BPS. Hal ini pun dikarenakan adanya sertifikasi pembimbing manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama di seluruh Indonesia.

Demikian ungkapan Dirjen PHU H Nizar Ali, pada sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat di Asrama Haji Bekasi, belum lama ini. Kegiatan diikuti oleh 100 orang peserta dan berlangsung selama 10 hari yaitu dimulai dari tanggal 7 - 16 Desember 2017.

Narasumber yang mengisi kegiatan sertifikssi ini tidak hanya berasal dari Kementrian Agama RI tetapi mengundang juga dari instansi lain yang terkait dengan penyelenggaraan haji seperti pihak Imigrasi, Kementerian Kesehatan, dan dosen dari Fakuktas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Jati.

"Alhamdulillah, jumlah calhaj yang akan diberangkatkan tahun depan, ada kenaikan akibat dari indeks pelayanan haji yang membaik. Tetapi, sayangnya fasilitas yang ada di Mina belum memadai sesuai dengan jumlah jamaah. Mudah-mudahan ini menjadi bahan evaluasi pemerintah Arab untuk menambah fasilitas," ujar Mantan Rektor ini.

Nizar berharap, agar kegiatan ini dapat diikuti dengan baik dan serius serta semua peserta tidak ada yang tidak mengikuti materi. Dengan demikian, semua peserta dapat lulus dengan predikat baik.

Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat HA Buchori mengatakan, bahwa sertifikasi pembimbing manasik haji yang diselenggarakan oleh Kemenag Provinsi Jawa Barat sudah menghasilkan 716 pembimbing haji yang sudah memiliki sertifikasi. Jumlah itu, diperkirakan sudah hampir seperempat dari target Menteri Agama RI.

“Diharapkan dengan adanya sertifikasi pembimbing haji ini maka dapat meningkatkan mutu dan kualitas petugas haji sehingga pelayanan penyelenggaraan haji menjadi lebih baik dan mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat,” ucap Buchori

sumber : kemenag.go.id
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement