Selasa 23 Jan 2018 09:32 WIB

Arab Saudi akan Bangun 9 Pabrik Desalinasi di Laut Merah

Pabrik tersebut akan memiliki kapasitas sebesar 240 ribu meter kubik air per hari.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agus Yulianto
Pabrik desalinasi untuk mengolah air laut menjadi air minum (Ilustrasi)
Foto: Sciencealert
Pabrik desalinasi untuk mengolah air laut menjadi air minum (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi berencana membangun sembilan pabrik desalinasi di pantai Laut Merah. Proyek tersebut menelan biaya lebih dari 2 miliar riyal (530 juta dolar).

Menteri Lingkungan Saudi, Abdulrahman Al-Fadhli, mengatakan, melalui akun Twitternya, dilansir dari Arab News, Senin (22/1), pabrik tersebut akan memiliki kapasitas sebesar 240 ribu meter kubik air per hari dan akan selesai dalam waktu kurang dari 18 bulan.

Menurutnya, proyek tersebut diperintahkan oleh Raja Salman dalam sebuah keputusan kerajaan. Fadhli mengatakan, proyek itu akan membantu Saudi Saline Water Conversion Corp. (SWCC), perusahaan milik pemerintah, meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengurangi biaya operasi dan modal. Namun demikian, ia tidak memberikan rincian mengenai pendanaan.

Pemerintah Saudi mengatakan pada 2016 lalu, pihaknya berencana untuk menggunakan kemitraan perusahaan swasta dengan perusahaan lokal dan asing, untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur. Pada Agustus 2017 lalu, dia mengatakan, akan mengembangkan resor di sekitar 50 pulau di Laut Merah. Dia juga mengatakan akan menyelesaikan tahap pertama proyek tersebut, yang didukung oleh Dana Investasi Publik (PIF), pada kuartal keempat 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement