Kamis 25 Jan 2018 06:33 WIB

Jamaah Haji India Berangkat Haji dari Kota Agar Lebih Hemat

Mereka mengatakan bila berangkat dari kota kecil ongkos lebih mahal.

Rep: lida puspaningtyas/ Red: Muhammad Subarkah
Jamaah calon haji India
Foto: indianexpress
Jamaah calon haji India

IHRAM.CO.ID, Jamaah Haji Berangkat Haji dari Kota Agar Lebih Hemat

MUMBAI -- Sejumlah calon jamaah haji memilih berangkat haji dari kota lebih besar agar biaya lebih murah. Dilansir Hindustan Times, Selasa (23/1), fenomena terjadi di beberapa wilayah.

Tahun lalu, 1.795 calhaj berangkat haji dari Indore. Namun tahun ini, 1.623 calhaj memilih berangkat dulu ke Mumbai dan berangkat dari sana. Selain itu, 4.965 calhaj dari Goa, Aurangabad dan Bhopal juga memilih ke Mumbai dulu.

Ini membuat jumlah jamaah yang berangkat dari Mumbai ke Mekkah jadi bertambah dua kali lipat. Tahun ini, jumlahnya akan mencapai 13.093 orang. Tahun 2017 lalu, jumlahnya hanya 6.297 orang.

Mereka yang memilih berangkat dari Mumbai mengatakan ongkos jika bertolak langsung dari kota kecil akan lebih mahal. Sehingga mereka memilih berangkat ke salah satu titik embarkasi.

Misalnya tahun lalu, jamaah yang berangkat dari Mumbai diminta membayar Rs 61 ribu. Sementara dari Indore sebanyak Rs 97 ribu. Perbedaan ini karena ada subsidi haji.Kepala eksekuif Haj Committee of India (HCol), Maqsood Ahmed Khan meminta pemerintah sebaiknya memudahkan perjalanan calhaj ke titik embarkasi.

Menurutnya, mereka yang memilih berangkat ke kota besar mengindikasikan perekonomian yang melemah. Banyak penduduk tidak bisa menjangkau harga lebih. Apalagi kini subsidi dicabut.

Mahkamah Agung telah mengumumkan pemerintah akan menghapus subsidi untuk haji pada 2022. Dananya akan dialihkan untuk kesejahteraan minoritas dan perempuan.

sumber : hindsstan timer
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement