Jumat 13 Apr 2018 16:30 WIB

Data Komputer Saqdhar Kaligafer Resmi Kiswah Ka'bah

Teknologi komputer telah membantu untuk menyelamatkan data kaligrafi Kiswah.

Mokhtar Alim Shaqdar.
Foto: Al Arabiya.com
Mokhtar Alim Shaqdar.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Mokhtar Alim Shaqdar adalah kaligrafer resmi dari kiswah yang dikenal juga sebagai kain penutup berwarna hitam dari Ka'bah. Posisi itu diraih Shaqdar menggantikan pendahulunya, Abdulraheem Bokhari, yang meninggal pada tahun 1996 pada usia 90 tahun.

Shaqdar bergabung dengan Sekolah Kaligrafi Masjidil Haram pada 1978. Di sana dia  dia belajar selama dua tahun. Pada saat itu, usianya masih sangat belia, yakni dia berada di kelas empat di sekolah dasar.

Setelah menyelesaikan pendidikan sarjana mudanya dalam pendidikan seni, Shaqdar bekerja sebagai guru kaligrafi selama 20 tahun di berbagai tempat, termasuk Universitas Umm Al-Qura.

Shaqdar memegang gelar Master of Kaligrafi dan mengajar Al-Qur'an di Masjidil Haram. Ia dikenal sebagai dosen dari Kaligrafi Arab di Makkah.

"Salah satu guru saya merekomendasikan saya ke pabrik Kiswah dan saya bergabung dengannya pada tahun 2003. Idenya adalah menggunakan komputer untuk mencetak kaligrafi. Semua seni kaligrafi yang muncul di kiswa Ka'bah sekarang merupakan akhir dari Bokhari. Saya hanya membuat perubahan kecil dan Raja Abdullah dan Raja Salman. Saya juga menambahkan beberapa seni kaligrafi ke beberapa bagian kain," katan Shaqdar, seperti dilansir Al Arabiya.com.

Beberapa orang mengira  bahwa teks Alquran di Kiswah ditulis ulang setiap tahun. Namun pabrik Iswah pun ternyata  telah menyiapkan template untuk penggunaan di masa mendatang.

photo
Mokhtar Alim Shaqdar menyiapkan kaligrafi di kain Kiswah, (Foto: alarabiya.net).

Ada beberapa fase untuk menyiapkan template. Pertama teks ditulis di selembar kertas, kemudian diproses pada sistem komputer oleh seniman grafis. Teks yang diproses dicetak pada kertas transparan, yang digunakan untuk membuat template. Template kemudian dikirim ke bagian bordir di mana menyulam menjahit Kiswah dengan menggunakan benang emas dan perak.

Di sini membuktian, teknologi komputer telah membantu untuk menyelamatkan data atau template atas Kiswah dari ancaman hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement