Selasa 29 May 2018 16:46 WIB

Kemenag Bentuk Tim Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji

Jamaah haji sering kelelahan karena berjalan 2 Km ketika melempar jumrah.

Rep: novita intan/ Red: Muhammad Subarkah
Jamaah haji Indonesia pulang menuju tenda usai melempar jumrah
Foto: Republika/Nashih Nashrullah
Jamaah haji Indonesia pulang menuju tenda usai melempar jumrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA Kementerian Agama (Kemenag) telah membentuk tim Pertolongan Pertama pada Jamaah Haji (P3JH). Uniknya, ada yang berbeda dalam komposisi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1439H/2018M.

Direktur Bina Haji, Khoirizi H Dasir, mengatakan tahun ini ada tim P3JH dalam PPIH Arab Saudi. Tim ini terdiri dari 20 petugas yang berasal dari rumah sakit haji, Universitas IslamNegeri yang memiliki prodi kedokteran, serta rumah sakit TNI/POLRI yang ditetapkan langsung olehKemenagberdasarkanpersyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

"Mereka adalah para petugas pelayanan umum, namun memiliki kemampuan medis," terang Khoiriz dalam keterangan tulis yang diterima Republika, Jakarta, Selasa (29/5).

Menurut Khoirizi, Tim P3JH disiapkan untuk mengisi titik kosong yang selama ini kurang terlayani secara maksimal karena keterbatasan para petugas pelayanan umum dan atau pelayana kesehatan, khususnya pada masa puncak haji, Arafah-Mina-Muzdalifah (Armina). Tim P3JH akan dioptimalkan pada hari pertama lontar jumrah.

Saat itu, jamaah haji Indonesia melakukan perjalanan tidak kurang 2 km dari pemondokan di Mina ke Jamarat untuk melempar Jumrah Aqabah sehingga tidak sedikit dari mereka yang kelelahan.

Perpaduan tim gerak cepat (TGC) Kemenkes, P3JH, dan petugas perlindungan jamaah (Linjam) dalam satu kekuatan diharapkan dapat menjawab tantangan. Dengan begitu, kehadiran negara melalui petugas yang siap melayani jamaah akan lebih dirasakan, terangnya.

"Mereka ditugaskan mengantar jemaah yang dilanda kelelahan saat akan kembali dari Jamarat ke pemondokan di Mina, " tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement