Kamis 31 May 2018 05:01 WIB

Nasib Ziarah ke Aqsa Ketika Dilarang Masuk Yerusalem

Sebelumnya paket penerbangan ke Yerusalem hanya dengan 740 dolar AS.

Masjidil Aqsa di Yerusalem.
Foto: muhammad subarkah
Masjidil Aqsa di Yerusalem.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA — Sekjen Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), H Anton Subekti, mengatakan para agen mendapat kerugian lumayan besar akibat tidak lagi bisa diterbitkannya 'ijin masuk' (laksana visa) untuk masuk Yerusalamen oleh pihak Israel. Sebab, minat ziarah ke Masjidil Aqsa dari peziarah Indonesia selama ini memang cukup tinggi.

‘’Terutama pada bulan Ramadhan seperti ini, jumlah peziarah Indonesia yang ke Aqsa sekitar seribuan orang. Pada bulan biasa, animonya juga lumayan. Salah satu yang terpukul misalnya paket tour ‘Jelajah Bumi Rasul’ yang marak setahun terakhir ini. Mereka jelas terpukul,’’ kata Anton, kepada Republika, Rabu malam (30/5).

Anton mengatakan, pihaknya masih belum tahu alasan yang pasti dari tidak akan dikeluarkannya visa ketika hendak masuk ke Yerusalem itu. Pihaknya masih bertanya-tanya apakah dicegahnya peziarah Indonesia masuk Yerusalem  yang kini dibawah pengawasan Israel itu akibat Indonesia juga tidak memberikan visa bagi orang Israel berkunjung ke Indonesia.

‘’Kami belum tahu apa alasan pastinya. Yang kami alami adalah mulai tanggal 8 Juni tidak bisa lagi peziarah Indonesia ke Aqsa. Perjalanan yang biasa dilakukan dengan melalui Mesir atau Yordanisa kini tak dapat lagi dilakukan. Padahal sebelumnya pengurusan visa untuk masuk ke sana butuh waktu beberapa pekan sebelum hari ke berangkatakan,’’ kata Anton.

Memang, lanjut Anton, selama ini paspor dari Indonesia tidak dicap ketika hendak masuk ke Yerusalamen oleh pihak imigrasi Israel. Para peziarah biasanya hanya sekedar mendapat semacam secarik surat izin (layaknya visa) saja. Sementara paspor tidak dikenai cap tanda masuk oleh pihak penjaga perbatasan di Yerusalem.

’’Namun sayangnya, izin melalui secarik kertas itu pun kini dikabarkan tak bisa lagi didapatkan. Sebab, kalau paspor sempat dicap oleh pihak  imigrasi Israel, mereka nantinya akan ditolak ketika masuk ke negara Arab,’’ ujarnya.

photo
Perbatasan Israel-Mesir di gurun Sinai.

Selama setahun  belakangan ini, paket berziarah ke Masjidil Aqsa dari Indonesia memang mendapat sambutan antusias oleh peziarah. Apalagi biaya penerbangannya pun terbilang murah. Maskapai Oman Air hanya membandrol harga sebesar 740 dolar AS untuk biaya penerbangan bolak-balik ke sana.‘’Saya yakin Oman Air juga terpengaruh atas pelarangan masuk Yerusalem pezairah asal Indonesia ini,’’ tegasnya.

Mantan peziarah yang beberapa bulan lalu sempat mengunjungi Yerusalem, Santi, mengatakan sangat beruntung bila dulu pernah shalat dan berziarah ke kota tua Yerusalem itu. Namun kini sayangnya, tak bisa lagi ke sana karena izin masuk tidak bisa lagi dikabarkan.

“Padahal kami bersama teman-teman pengin ke sana lagi. Dahulu masuk ke Yerusalem melalui Yordania dan ke luar melalui pintu imigrasi Mesir. Dan meski pun sempat masuk, suasana pengawasan oleh tentara Israel memang terasa sangat ketat. Mereka mengawasi barang bawaan para pejiarah melalui aneka alat yang sangat canggih,’’ ujarnya.

photo
Contoh progam ziarah ke Masjidil Aqsa yang lagi booming di Indonesia.

Selain peziarah Islam, berbagai peziarah dari agama Kristen Protestan dan Katolik memang juga marak ke Yerusalam. Mirip paket dari peziarah Islam, mereka pun membuka paket ziarah, misalnya menelusuri 'Jejak Yesus Kristus di Yerusalem'. Paket ini dilakukan dengan cara berjalan kaki menyelusuri rute-rute perjalanan hidup Yesus Kristusndalm waktu beberapa pekan.

Paket ini sangat ramai, terutama sebelum merebaknya perang di Suriah. Banyak peziarah asal Amerika Latin yang menjadi pesertanya. Selain berjalan kaki menyusuri wilayah Yerusalem, mereka biasanya dengan menumpang bus mengunjungi Damaskus (Suriah), Beirut (Lebanon), hingga Mesir (Kairo).

Khusus bagi para peziarah, selama ini masuk Yerusalem pun sebenarnya terkesan untung-untungan karena tergantung keputusan para tentara Israel yang menjaga pintu masuk ke Yerusalem. Kunjungan bisa tiba-tiba dibatalkan kalau mereka merasa ada sesuatu hal yang mencurigakan atau tiba-tiba muncul kerusuhan akibat protes hingga bom orang Palestina di seputar kota Yerusalem. Kala itu biasanya pintu perbatasan ditutup. Setiap orang, termasuk orang Palestina, tidak boleh melintasi perbatasan yang diberi pagar itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement