Ahad 15 Jul 2018 15:10 WIB

Ratusan Calon Jamaah Haji Bima Ikuti Manasik Haji

Manasik haji dilaksanakan agar jamaah lebih siap dan mandiri melaksanakan ibadah.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah calon Haji mengikuti kegiatan manasik haji.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Jamaah calon Haji mengikuti kegiatan manasik haji.

IHRAM.CO.ID, MATARAM -- Jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) dari Kabupaten Bima tercatat 598 CJH yang terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter). Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri mengatakan, jadwal keberangkatan CJH dilakukan secara bertahap.

Kloter pertama dengan 447 CJH akan berangkat pada 22 Juli dan kloter kedua sebanyak 90 CJH berangkat pada 27 Juli. Sedangkan kloter ketiga dengan 62 jamaah akan diberangkatkan pada 30 Juli.

Ratusan CJH juga telah mengikuti bimbingan manasik haji Masjid Sultan Salahudin Bima pada Sabtu (14/7). Indah menilai, bimbingan manasik haji sangat penting bagi CJH.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi CJH guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji," ujar Indah dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id di Mataram, NTB, Ahad (15/7).

Ia berharap CJH yang mengikuti manasik haji benar-benar menggunakan waktu dengan baik selama kegiatan ini berlangsung. Manasik haji dilaksanakan dengan tujuan jamaah lebih siap dan mandiri melaksanakan ibadah haji dan memperoleh haji mabrur sepulang dari Tanah Suci.

"Nilai-nilai kemabruran haji berperan penting dalam meningkatkan kualitas iman, ilmu, dan amal saleh, baik secara individual maupun secara sosial," katanya.

Indah juga berpesan CJH dapat menjaga nama baik daerah dan bangsa serta menjadi teladan di mata internasional. "Hormatilah adat dan kebiasaan masyarakat setempat karena kita akan menjadi tamu di negara lain," kata Indah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement