Senin 16 Jul 2018 13:56 WIB

Calhaj Diimbau Hidup Bersih Selama di Asrama Haji

Calon jamaah haji tidak diperkenankan membeli makanan di luar asrama haji.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Calhaj Kloter Pertama berisiko tinggi melakukan tes kesehatan di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Senin (16/7).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Calhaj Kloter Pertama berisiko tinggi melakukan tes kesehatan di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Senin (16/7).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Calon jamaah haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) pertama DKI Jakarta telah memasuki Asrama Haji Jakarta Pondok Gede pada Senin (16/7) pukul 09.00 WIB. Calhaj diimbau menjaga kesehatan dengan gaya hidup bersih selama di Asrama Haji Pondok Gede.

"Selama di sini (Asrama Haji) harus hidup bersih dan sehat, contoh harus sering cuci tangan, tidak merokok, dan buang sampah pada tempatnya," kata Koordinator Bidang Kesehatan Embarkasi Debarkasi Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Anas Ma'ruf kepada Republika.co.id, Senin (16/7).

Anas mengatakan, selama di asrama, calhaj harus memanfaatkan waktu untuk istirahat. Calhaj akan menghadapi perjalanan panjang dan rangkaian kegiatan di Tanah Suci. Jadi calhaj harus banyak istirahat saat ada waktu luang.

Terkait makanan, dia menjelaskan, calhaj sebaiknya makan dan minum dari yang disediakan ssrama haji. Jika calhaj ingin jajan, mereka harus jajan di rumah makan atau kantin yang ada di asrama. Mereka tidak boleh jajan di luar asrama haji.

photo
Calhaj Kloter Pertama berisiko tinggi melakukan tes kesehatan di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Senin (16/7).

"Kalau (calhaj) dari luar membawa makanan yang cepat busuk dan basi, tolong dihabiskan atau diserahkan ke petugas jika tidak habis," ujarnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/Debarkasi Jakarta Pondok Gede, Saiful Mujab mengatakan, setibanya calhaj di Asrama Haji Pondok Gede pada Senin pagi, calhaj masuk ke Gedung Serbaguna 2. Calhaj disambut dan diberi penjelasan tentang apa saja yang akan dilakukan calhaj selama di Asrama Haji Pondok Gede.

"Calhaj diperiksa kesehatan, diberi gelang pengenal, diberi living cost dan melakukan foto biometrik serta pengambilan sidik jari," kata Saiful.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id di Asrama Haji Pondok Gede pada Senin (16/7), kedatangan calhaj berjalan lancar. Pemeriksaan kesehatan dan barang bawaan calhaj juga lancar.

Hanya saat pengambilan foto biometrik terjadi sedikit kendala karena ada gangguan koneksi ke Arab Saudi. Jamaah haji kloter pertama yang jumlahnya 393 orang akan siap diberangkatkan ke Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (17/7) pukul 01.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement