Selasa 17 Jul 2018 12:16 WIB

Peminat Pekerja Musiman Haji Bisa Daftar di Portal Ajeer

Para pencari kerja jarus warga negara dan ekspatriat yang tinggal secara sah di Arab.

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah
Jamaah haji
Foto: Arabnews
Jamaah haji

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Kementerian Perburuhan dan Pembangunan Sosial Arab Saudi meluncurkan layanan elektronik untuk menyediakan pekerjaan sementara atau musiman selama musim Haji. Layanan ini dilakukan melalui portal Ajeer, yaitu digunakan untuk perusahaan yang menawarkan layanan haji dan mereka yang ingin bekerja selama musim haji. Layanan ini juga mendokumentasikan hubungan kontraktual di antara mereka.

Langkah yang dilakukan oleh kementerian ini ditujukan untuk menyediakan pasar elektronik yang menunjukkan penawaran dan permintaan pekerjaan selama musim haji. Karena portal ini menyatukan pemilik perusahaan dan individu yang mencari pekerjaan sementara.

Dilansir Arab News, para pencari kerja haruslah warga negara dan ekspatriat yang tinggal secara sah di Arab Saudi. Hal itu dilakukan untuk memungkinkan perusahaan untuk menarik pekerja dari dalam Saudi bukannya merekrut pekerja dari luar negeri.

"Layanan kerja sementara untuk musim haji ini adalah langkah yang mengatur dan mendorong pekerjaan selama periode haji yang dilakukan melalui penerbitan izin sementara melalui portal Ajeer," kata Khaled Abalkhail, juru bicara kementerian itu.

E-platform memungkinkan perusahaan yang beroperasi selama musim haji memposting peluang kerja. Dengan demikian, pencari kerja dapat mengajukan permohonan untuk mereka dan mendapatkan izin sementara untuk bekerja di Makkah, Madinah dan Jeddah untuk menyediakan berbagai layanan kepada para jamaah haji.

“Layanan elektronik memungkinkan pencari kerja mendaftar ke portal, mengunggah biodata mereka, meninjau lowongan yang tersedia, mengajukan permohonan untuk pos yang sesuai dan mengelola permintaan pekerjaan dari perusahaan dengan kemampuan untuk menerima peluang yang paling sesuai dengan mereka,” kata Abalkhail.

Proses kontraktual diikuti oleh pengesahan antara perusahaan dan pekerja haji. Abalkhail lebih lanjut menekankan bahwa perusahaan dapat menggunakan penerbitan izin sementara.

Kementerian mengimbau kepada perusahaan yang beroperasi untuk musim haji serta individu yang akan mendapat manfaat dari kesempatan ini dengan mendaftar di portal Ajeer (www.ajeer.com.sa). Bagi mereka yang tertarik juga dapat menghubungi layanan pelanggan karena kementerian telah mengalokasikan nomor telepon layanan klien 920002866, yang juga tersedia untuk pertanyaan terkait layanan Ajeer.

Untuk melaksanakan layanan haji yang lancar di dua masjid suci sepanjang waktu, Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci pada tahun 2016 memobilisasi lebih dari 15 ribu pekerja reguler dan musiman selain para pekerja yang ditugaskan untuk membersihkan, beroperasi dan tugas pemeliharaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement