Rabu 08 Aug 2018 16:06 WIB

45 Ribu Penyuluh Agama Islam Honorer Diusahakan Naik Gaji

Kemenag tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Penyuluh agama.
Foto: Republika/mgrol96
Penyuluh agama.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kasubbag Tata Usaha Direktorat Penerangan Agama Islam (Penais) Kementerian Agama (Kemenag) Dasma menyebut saat ini total penyuluh agama islam honorer ada 45 ribu. Kemenag pun sedang berusaha menaikkan gaji mereka.

"Total penyuluh agama Islam honorer ada 45 ribu, sementara yang PNS 4.574 orang," ujar Dasma saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (8/8).

Dasma menyebut gaji penyuluh agama honorer tahun ini sebesar Rp 500 ribu. Gaji ini sudah mengalami kenaikan sejak 2017.

Sebelum 2013, gaji per bulan penyuluh agama honorer hanya Rp 150 ribu. Lalu mengalami kenaikan menjadi Rp 300 ribu pada 2013. Di 2017 kembali naik menjadi Rp 500 ribu. Rencananya 2019 nanti gaji mereka naik dua kali lipat menjadi Rp 1 juta.

"Sedang kita upayakan untuk naik. Sudah dalam pembahasan dengan para pengambil kebijakan. Tapi memang belum ada hitam putihnya," kata Dasma.

Ia melanjutkan tugas penyuluh agama ini sangat dekat dengan masyarakat. Mereka wajib mengisi dan membina kelompok-kelompok masyarakat agar mendapatkan ilmu agama yang baik.

Para penyuluh agama ini pun diberikan kategorisasi atau penugasan masing-masing. Diantaranya ada penyuluh masalah kerukunan, penyuluh berantas buta Alquran, radikalisme, pengentasan atau pencegahan narkoba, dan penyuluh produk halal.

Direktur Penais Ditjen Bimas Kemenag Khoirudin menyebut rencana kenaikan gaji penyuluh agama honorer ini sudah disetujui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Kemenag tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan.

"Kendala hanya di anggaran saja karena terbatas. Dengan gaji mereka Rp 500 ribu per bulan ini kan kita harus menyiapkan dana hampir Rp 270 miliar, kalau dinaikkan menjadi Rp 1 juta berarti hampir Rp 540 miliar. Ini yang harus dipikirkan, ada atau tidak," ucap Khoiruddin.

Namun ia menilai kenaikan ini hampir dipastikan jadi. Ia berharap 2019 nanti gaji penyuluh agama honorer sudah naik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement