Senin 27 Aug 2018 12:18 WIB

PPIH Imbau tak Jemput Jamaah Haji di Debarkasi Bekasi

Tranportasi untuk mengantar jamaah dari debarkasi ke daerah masing-masing sudah siap.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah
Jamaah haji Indonesia mulai diterbangkan pulang ke Tanah Air dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Senin (27/8) pagi. Sebanyak 6.000 jamaah akan dipulangkan pada hari pertama kepulangan tersebut.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Jamaah haji Indonesia mulai diterbangkan pulang ke Tanah Air dari Bandara King Abdulaziz, Jeddah, Senin (27/8) pagi. Sebanyak 6.000 jamaah akan dipulangkan pada hari pertama kepulangan tersebut.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah haji asal Jawa Barat dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno Hatta (Soeta) pada Senin (27) tengah malam. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi/ Debarkasi Asrama Haji Bekasi mengimbau agar pihak keluarga tidak menjemput jamaah haji ke Debarkasi Asrama Haji Bekasi.

Ketua PPIH Embarkasi/ Debarkasi Bekasi, A Bukhari mengatakan, transportasi untuk mengantarkan jamaah haji dari Debarkasi Asrama Haji Bekasi ke tiap-tiap kabupaten/ kota sudah disiapkan pemerintah daerah masing-masing. Keluarga yang hendak menjemput jamaah haji ke Debarkasi Asrama Haji Bekasi tidak diperkenankan.

"Masalahnya kalau menjemput ke Asrama Haji, kalau yang menjemput satu jamah haji ada sepuluh orang, aduh crowded, jadi menjemputnya disarankan di daerah masing-masing saja," kata Bukhari kepada Republika.co.id, Ahad (26/8).

Ia menerangkan, hampir 95 persen jamaah haji Jawa Barat dijemput keluarga di daerah masing-masing. Bagi jamaah haji asal Bekasi biasanya dijemput keluarga langsung karena jaraknya dekat. Itupun hanya menjemput di luar gerbang, tidak diperkenankan masuk Debarkasi Asrama Haji.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Jawa Barat yang keluarganya berangkat haji tahun ini melakukan penjemputan di kabupaten/ kota masing-masing. Pihak keluarga tidak perlu ke Debarkasi Asrama Haji Bekasi. Harus dipertimbangkan kemacetan di jalan dan memang tidak diperkenankan menjemput ke Debarkasi Asrama Haji.

Baca: PPIH Debarkasi Surabaya Siap Sambut Kedatangan Jamaah Haji

"Pada Senin (27/8) pukul 23.40 jamaah haji Jawa Barat kelompok terbang (kloter) pertama diperkirakan sampai ke Bandara (Soetta), Subuh diperkirakan jamaah haji Jawa Barat sudah sampai Debarkasi Bekasi," ujarnya.

Bukhari menjelaskan, evaluasi setelah pemberangkatan jamaah haji sudah dilakukan, tahun ini melihat banyak pekerjaan yang tadinya lambat menjadi cepat. Pengambilan foto biometrik dan sidik jari tahun ini dilakukan di Embarkasi Asrama Haji, artinya ada peningkatan pelayanan. Terkait catatan untuk tahun depan nanti akan diketahui setelah evaluasi secara menyeluruh usai pemulangan jamah haji. "Kemarin hanya evaluasi singkat saja, nanti kita evaluasi secara keseluruhan," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement