Selasa 11 Sep 2018 05:01 WIB

Kisah Jamaah yang Berhaji dalam Gelap

Meski penyandang Difabel menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji sendiri.

Supratman (kanan), seorang jamaah difabel netra yang berangkat didampingi Minarsik (kiri) saat menunggu kepulangan ke Tanah Air di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah, Senin (9/9). Supratman bersyukur, ia bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tahun ini.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Supratman (kanan), seorang jamaah difabel netra yang berangkat didampingi Minarsik (kiri) saat menunggu kepulangan ke Tanah Air di Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz Madinah, Senin (9/9). Supratman bersyukur, ia bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tahun ini.

Oleh: Fitriyan Zamzami, Jurnalis Republika dari Jeddah

Jamaah dari Lombok tersebut sudah datang dengan gaya berbeda. Masing-masing jamaah laki-laki datang mengenakan sorban yang dilingkarkan ke kepala. Mereka juga mengenakan gamis laiknya warga asli Arab Saudi sebelum berangkat pulang ke Tanah Air, Ahad (9/9) malam tersebut.

Saat memasuki Paviliun 4 Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz pada pukul 20.00 waktu setempat, salah seorang di antara mereka nampak dibimbing jamaah perempuan. Jamaah pria itu kemudian nampak sibuk berupaya menalikan tasnya.

Terkesan kerepotan, seorang petugas Daker Bandara PPIH Arab Saudi berupaya membantu namun jamaah tersebut menolak dengan tegas. Ia memilih menyelesaikan ikhtiarnya sendiri dan akhirnya berhasil.

 

Keteguhan Supratman (50 tahun), nama jamaah tersebut bukan sekadar merapikan tas. Seorang difabel netra, ia mendaku telah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dalam keterbatasannya. "Meskipun saya ada keterbatasan tapi alhamdulillah semua rangkaian ibadah haji saya tidak ada yang tertinggal," kata Supratman di Bandara Madinah.

Hari itu, Supratman pulang bersama Kloter 09 Debarkasi Lombok. Pesawatnya akan diterbangkan pada pukul 00.45 WAS dari Bandara Madinah. Ia pulang bersama 455 jamaah dan petugas kloter menggunakan maskapai Garuda Airlines nomor penerbangan GIA-5209.

Ia menuturkan, datang ke Tanah Suci bersama istrinya, Minarsik; dan adiknya Winarsih (47). Mereka berasal dari Kawo, Lombok Tengah. Supratman tak menjelaskan sejak kapan mengalami kebutaan. Meski begitu, keadaan tersebut tak pernah jadi alsannya berpangku tangan.

Saat ini, Supratman masih mengajar sebagai guru olah raga di SD Negeri Kawo, Lombok Tengah. Hasil dari mengajar itu, beserta penghasilan istrinya yang juga seorang guru jadi modal berangkat haji.

Di Tanah Air, Winarsih menuturkan, abangnya memang selalu berupaya mandiri. Jika ada persoalan kelistrikan di kediamannya, kata Winarsih, Supratman kerap mencoba dan berhasil memperbaiki sendiri.

Demikian juga ia tunjukkan di Tanah Suci. Ia tak bersedia didudukkan di kursi roda untuk didorong selama menjalankan ibadah haji. "Semua saya kerjakan dengan baik tanpa kursi roda," tutur Supratman

Dengan bantuan istrinya, Supratman berusaha menjalankan ibadah haji seperti yang lain. Terlepas dari keadaannya, Supratman menuturkan tidak pernah merasa berat untuk beribadah di Tanah Suci.

Bila tak sedang dipandu istrinya, ia merasa terbantu oleh jamaah serombongannya. Supratman menuturkan saat tawaf dan sa'i dia terus berpegangan pada pundak teman agar tidak terpisah."Kalau di jamarat saya digandeng istri," jawab Supratman.

Tak berapa lama di paviliun, Supratman dipamiti adik dan istrinya yang hendak melaksanakan shalat isya di mushola paviliun. Dalam gelap, ia menanti kembali ke Tanah Air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement