Jumat 23 Nov 2018 18:23 WIB

Kemenag: BPIH 2019 Tunggu Hasil Rapat dengan DPR RI

Saat ini pemerintah masih menyusun rencana penyelenggaraan ibadah haji 2019.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Andi Nur Aminah
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) segera membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji 2019 dengan Komisi VIII DPR RI. Pembahasan yang rencananya dilakukan pada Senin (26/11), juga membahas biaya penyelenggan ibadah haji (BPIH) 2019. “Kalau untuk biaya haji, kita akan bahas dengan Komisi VIII DPR RI, mungkin dalam waktu dekat,” kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Syaifuddin di Jakarta, Kamis (22/11).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah masih menyusun rencana penyelenggaraan ibadah haji 2019. Rancangan itu akan dipaparkan pada Komisi VIII DPR RI dalam rakat kerja yang rencananya berlangsung pada Senin (26/11). “Nanti Senin (26/11) akan ada raker dengan Komisi VIII,” ujar Lukman.

Baca Juga

Selain membahas persiapan ibadah haji 2019, Menag mengatakan rapat tersebut akan membahas penyelenggaraan haji 2018. Menag akan memaparkan laporan penyelenggaraan beserta hasil evaluasi internal. Kemudian, pemerintah dan Komisi VIII DPR RI akan membahas besaran BPIH 2019.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) memperkirakan adanya kenaikan biaya penerbangan dan akomodasi ibadah haji. Kenaikan itu disebabkan adanya pengaruh dari fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar dan riyal. "Kemungkinan ada (kenaikan BPIH), yang jelas dari indikator-indikator makro ekonomi jelas pasti naik," kata Direktur Pengelolaan Dana Haji dari Dirjen PHU Kemenag Maman Saefullah, Kamis (8/11). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement