Kamis 04 Apr 2019 03:08 WIB

Garuda Siapkan 14 Pesawat untuk Musim Haji 2019

Garuda pada tahun ini meningkatkan jumlah awak kabin haji.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Budi Raharjo
Pesawat Garuda Indonesia disiapkan untuk layanan haji. (ilustrasi)
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pesawat Garuda Indonesia disiapkan untuk layanan haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Maskapai nasional Garuda Indonesia menyiapkan 14 pesawat berbadan lebar untuk pelaksanaan operasional haji tahun 2019. Garuda juga menyediakan layanan cabin crew yang berasal dari daerah embarkasi agar tidak ada kendala komunikasi antara jamaah dan cabin crew.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan, pihaknya siap untuk memberangkatkan calon jamaah haji tahun 2019. Serta telah menyiapkan armada terbaiknya untuk memastikan layanan penerbangan haji pada tahun ini dapat berjalan dengan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Berkaca dari pencapaian kinerja haji tahun lalu di mana kami berhasil mempertahankan capaian ketepatan waktu di atas 90 persen, kami optimistis kesiapan dan kelancaran layanan operasional haji dapat terus kami maksimalkan," kata Pikri melalui keterangan tertulis kepada Republika, Rabu (3/4).

Ia menerangkan, untuk memberikan layanan terbaik bagi para jamaah haji, Garuda pada tahun ini meningkatkan jumlah awak kabin haji. Garuda juga mempersiapkan layanan cabin crew terbaik. Mereka sebagian direkrut secara khusus dari daerah embarkasi untuk memenuhi harapan jamaah haji.

Ia menjelaskan, Garuda menghadirkan putera-puteri daerah khususnya yang berasal dari daerah embarkasi. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen dari pelayanan Garuda kepada para jamaah. "Tujuan untuk mengatasi kendala komunikasi bahasa, mengingat sebagian jamaah hanya mampu berbahasa daerah," ujarnya.

Pikri menyampaikan, jumlah pesawat yang dioperasikan pada musim haji tahun 2019 tersebut menyesuaikan dengan trafik jamaah haji pada tahun ini. Di tahun ini, Garuda akan menerbangkan sekitar sebanyak 104 ribu jamaah yang rencananya akan diberangkatkan dari sembilan embarkasi yang terdiri dari 267 kloter di seluruh Indonesia. Di antaranya dari embarkasi Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

"Pada tahun 2019, Garuda Indonesia menyiapkan sebanyak 14 pesawat haji yang terdiri dari tiga pesawat B 747-400, lima pesawat B 777-300 ER, dan enam pesawat A 330-300/ 200," ujarnya.

Garuda juga menyediakan akses informasi secara real time untuk jamaah dan keluarga yang ingin memantau perkembangan operasional waktu keberangkatan dan kedatangan setiap kloter haji. Masyarakat dapat mengakses informasi tentang jadwal keberangkatan atau kepulangan jamaah melalui website www.haji-ga.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement