Senin 01 Jul 2019 22:54 WIB

Tenaga Medis Disiapkan Dampingi Calon Haji Asal Cimahi

Tenaga medis yang tergabung dalam TKHI ada dua regu.

Rep: Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil
Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji.  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemeriksaan kesehatan calon jamaah haji. (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, CIMAHI- Tiga orang tenaga medis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi akan disiapkan untuk mendampingi para calon jemaah haji asal yang akan berangkat haji tahun ini. Mereka yang terpilih sudah memenuhi persyaratan dan tergabung dalam Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Sekretaris Dinkes Kota Cimahi, Chanifah Listyarini mengatakan ketiga orang yang berangkat merupakan dokter dan dua orang perawat. Mereka katanya akan berkoordinasi dengan tim kesehatan di Makkah untuk menjaga kesehatan calon haji.

Baca Juga

"Tenaga medis yang tergabung dalam TKHI itu ada dua regu. Ada yang bertugas selama musim haji dan ada yang hanya mengawal per kloter," ujarnya, Senin (1/7). Sedangkan non kloter, menurutnya berangkat sebelum dan pulang setelah habis jemaah haji kurang lebih tiga bulan di Makkah.

Ia mengatakan, para tenaga medis terlebih dahulu akan mendapatkan pembekalan dari Departemen Kesehatan. Termasuk informasi seputar logistik, seperti obat-obatan yang sudah disiapkan pemerintah pusat.

"Cimahi tinggal berangkat, suporting obat sudah disediakan. Dan yang memberikan honor atau mungkin ada uang saku dari mereka (pemerintah pusat)," katanya.

Selain pendampingan di Makkah, menurutnya, pihaknya akan mengawal keberangkatan para calon jemaah haji dari Kota Cimahi ke embarkasi haji di Kota Bekasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sebanyak 561 calon jemaah haji asal Cimahi akan berangkat ke tanah suci nanti. Mereka akan berangkat 15 Juli yaitu gelombang pertama kloter 33 sebanyak 410 jemaah dan pada gelombang 2 kloter 90 tanggal 2 Agustus sebanyak 151 jemaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement