Pemprov Sumbar Imbau Jamaah Haji Perhatikan Kesehatan

Jumat , 28 Jun 2019, 20:02 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kesehatan jamaah haji.
Kesehatan jamaah haji.

IHRAM.CO.ID, PADANG--Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday mengatakan para jamaah haji harus memperhatikan kondisi kesehatan sebelum berangkat ke tanah suci menunaikan rukun Islam kelima. Merry menyarankan para jamaah haji harus rajin berolah raga, makan teratur, istirahat cukup dan teratur mengonsumsi air putih.

 

Sebab menurut Merry, dalam melaksanakan ibadah haji, kondisi fisik jamaah harus dalam keadaan prima. Selain karena perjalanan jauh dari tanah air, kondisi cuaca di Arab Saudi juga panas dan dalam kondisi kota Makkah dan Masjidil Haram yang akan dipadati jutaan jamaah dari seluruh dunia.

Terkait

Baca Juga

"Kondisi disana sangat panas dengan tingkat kelembaban rendah membuat tubuh mudah kehilangan cairan. Maka, jamaah haji selama di sana kalau bisa minum air putih minimal 8-10 gelas sehari. Banyaklah minum air putih, tak perlu khawatir sering buang air kecil karena di sana banyak tersedia toilet,” kata Merry, di Padang, Jumat (28/6).

Merry menambahkan jamaah haji juga harus memperhatikan sirkulasi udara selama berada di Tanah Suci. Ia menyarakan para jamah menggunakan masker setiap keluar. Kalau bisa, menurut Merry masker yang dikenakan ketika hendak keluar rumah sudah dibasahi untuk mengantisipasi perubahan cuaca.

Bagi jamaah yang merasakan gangguan kesehatan, Merry menyarankan agar cepat memeriksakan diri ke poliklinik embarkasi atau dokter yang tergabung dalam tim kesehatan haji di Arab Saudi.

Guna memastikan asupan makanan kepada jamaah haji terutama dari Sumbar, Merry meminta pihak maskapai penerbangan haji agar selalu menyiapkan makanan. Apalagi penerbangan ke Makkah akan menempuh waktu lama.

"Sediakan makanan yang bergizi bagi jamaah seperti daging, sayuran dan makanan yang mengandung protein lainnya. Atur pengolahan makanan hingga packing dengan sangat teliti. Supaya setelah mendarat jamaah kondisi tubuhnya tetap bugar,” ujar Merry.

Kadis Kesehatan Sumbar berharap jamaah haji asal Sumbar bisa beribadah dengan kusuk dan bisa pulang ke tanah air denhgan selamat sekaligus menyandang haji mabrur.

Tahun ini jamaah haji dari embarkarsi Padang berjumlah 6.908 orang. Jumlah iut ditambah dengan 37  Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD)  serta 90 petugas kloter. Embarkarsi Padang  memberangkatkan 18 kloter ke Arab Saudi. 13 kloter jemaah dari Sumbar dengan jumlah 5.005 orang dan 5 kloter jemaah dari Bengkulu dengan jumlah 1.940 orang, satu kelompok terbang dari 388 jemaah haji dan lima petugas kloter.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini