Sabtu 13 Jul 2019 14:30 WIB

41 Ribu Jamaah Tiba di Madinah

Jumlah kloter yang tiba sudah mencapai 101 kloter.

Kabid Linjam PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis (tengah), meninjau pos-pos yang disediakan oleh Sektor Khusus Masjid Al Haram untuk melayani jamaah haji Indonesia, Kamis (11/7) sore.
Foto: Republika/Muhammad Hafil
Kabid Linjam PPIH Arab Saudi, Jaetul Muchlis (tengah), meninjau pos-pos yang disediakan oleh Sektor Khusus Masjid Al Haram untuk melayani jamaah haji Indonesia, Kamis (11/7) sore.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Syahruddin el-Fikri dari Madinah, Arab Saudi.

MADINAH---Jamaah haji Indonesia yang telah tiba di Kota Madinah, hingga Sabtu (13/7) pagi waktu Arab Saudi, telah mencapai 41.087 orang. Sebagian jamaah haji sedangkan melaksanakan ibadah shalat arbain, 40 waktu di Masjid Nabawi. 

"Sementara jumlah petugas yang tiba mendampingi jamaah tercatat mencapai 505 orang," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Bandara, Ambari Julianto di Madinah, Sabtu (13/7). Mereka itu,  kata dia, adalah petugas haji daerah, petugas kesehatan daerah, dan pembimbing ibadah. 

Sedangkan untuk jumlah kloter yang tiba sudah mencapai 101 kloter. Mereka berasal dari seluruh embarkasi haji Tanah Air. Di antaranya,  embarkasi Surabaya (SUB), Solo (SOC), Padang (PDG) , Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Lombok (LOP),  Palembang (PLM),  Batam (BTH), Banjarmasin (BDJ), Medan, Makassar (UPG), dan Balikpapan (BPN). 

Pada tahun ini, Indonesia mendapat kuota haji sebesar 221 ribu, terdiri atas 204 ribu jamaah haji reguler dan 17 ribu jamaah haji khusus. Kemudian ada tambahan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi sebesar 10 ribu jamaah, sehingga total berjumlah 231 ribu orang. 

Indonesia merupakan negara terbanyak mengirimkan jamaah haji ke Tanah Suci setiap tahunnya dibandingkan dengan negara lain.

Ditambahkan Ambari, mulai Ahad (14/7), jamaah haji kloter 1 SUB, dan Kloter 1-2 BTH, akan mulai diberangkatkan ke Makkah dalam persiapan melaksanakan puncak haji.  Adapun jamaah haji yang wafat sebanyak empat orang, Sumiyatun bin Sawi, Khairil Abbas bin Salim, Mudjahid Damanhuri Mangun, dan Artapiah Armin Musahab.

"Ini merupakan data terbaru dari Siskohat Kementerian Agama, hingga Sabtu (13/7), pukul 07.15 Waktu Arab Saudi (WAS). Tercatat 4 sudah wafat," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement