Gubernur Sumbar Ingatkan Jamaah Haji Rajin Konsumsi Buah

Senin , 15 Jul 2019, 15:26 WIB Reporter :Febrian Fachr / Redaktur : Nashih Nashrullah
Sejumlah petugas mengangkut dan memindahkan koper jamaah haji ke bus yang akan membawa dari hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ada tiga kloter yang berangkat ke Makkah,  yakni kloter SUB 1, dan BTH 1-2.
Sejumlah petugas mengangkut dan memindahkan koper jamaah haji ke bus yang akan membawa dari hotel tempat jamaah haji Indonesia menginap di Madinah, Ahad (14/7). Mulai hari ini jamaah haji Indonesia bergerak ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji. Ada tiga kloter yang berangkat ke Makkah, yakni kloter SUB 1, dan BTH 1-2.

IHRAM.CO.ID, PADANG— Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menyarankan para jamaah haji terutama yang berasal dari Sumbar agar meminum air putih yang cukup dan rutin mengonsumsi buah-buaha. 

 

Karena saat ini, kata Irwan, cuaca di tanah Arab Saudi sangat panas sehingga konsumsi air putih dan buah-buahan akan membantu menstabilkan cairan dalam tubuh. 

Terkait

"Calon haji harus menjaga kesehatan karena cuaca di tanah suci sangat panas yaitu sampai 48 derajat celcius. Banyak minum air dan mengonsumsi buah-buahan," kata Irwan Prayitno, Senin (15/7). 

Baca Juga

Irwan ikut melepas keberangkatan haji kelompok terbang (kloter) sepuluh dari Embarkasi Padang pada Ahad (14/7) malam WIB kemarin. Kloter sepuluh merupakan jamaah asal Kota Padang dan Kabupaten 50 Kota sebanyak 392 orang. 

Irwan menyarankan kepada semua jamaah calon haji agar berangkat ke tanah suci dengan hati yang ikhlas. Dengan begitu kata Irwan, langkah para jamaah akan dimudahkan dan dikuatkan untuk menegakkan banyak ibadah selama di Makkah. 

Hati ikhlas, menurut Irwan, juga akan menenangkan pikiran jamaah dari hal-hal negatif dari kampung halaman. Salah satu contoh adalah harus ikhlas dan tidak memikirkan harta dan sanak famili yang tinggal di tanah air. 

"Ikhlas adalah kata kunci, Allah akan bukakan hati, buka pikiran, ringankan langkah kita untuk beribadah dan diberikan kesehatan. Pergi ibadah haji dengan ikhlas, Insya Allah. Allah akan melindungi keluarga dan harta kita yang ditinggalkan," ujar Irwan.

Irwan Prayitno juga meminta kepada jamaah calon haji, agar manfaatkan  dengan baik kesempatan yang ada untuk melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci. Selain itu jamaah kata dia juga harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental karena ibadah haji penuh dengan tantangan. Terlebih kesempatan naik haji sekarang ini sangat langka dan sulit untuk melakukannya dua kali seumur hidup.

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini