Evaluasi Berkala
Untuk mengefektifkan kerja para petugas haji di wilayah Sektor I Madinah, tutur Husein Anwar, pihaknya setiap malam melakukan evaluasi secara berkala.
“Apa saja kendala yang dihadapi, bagaimana kesiapan bus, bagaimana pelayanan jamaah apakah mereka sudah dipastikan memakai pakaian ihram, dan lainnya,” kata Husein.
Itu semua dilakukan agar persiapan berjalan optimal. Selain itu, pihaknya juga mengajak pimpinan kloter untuk meningkatkan layanan bimbingan ibadah kepada tiap jamaah. Durasi selama di Madinah agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan ketakwaan.
Hal ini, lanjutnya, sangat penting agar jamaah bisa mendapatkan predikat haji mabrur.
“Semaksimal mungkin kita upayakan jamaah mendapatkan pembekalan dan pembimbingan dari sisi Ibadah, agar ibadah mereka bisa lebih baik lagi,” ungkapnya.
Selain itu, kata dia, evaluasi berkala itu dilakukan untuk memastikan semua rencana pemberangkatan jamaah ke Makkah untuk mengikuti proses haji berjalan lancar.
Menurutnya, selama ini semua kegiatan di Sektor I sudah berjalan baik, termasuk soal akomodasi maupun katering jamaah. “Kalaupun ada problem, itu terkait dengan hal-hal lucu saja. Misalnya, di hotel itu biasanya ada minuman atau snack yang ada di dalam kulkas. Oleh jamaah, dikira itu gratis, padahal kalau diambil berarti harus membayar. Itu saja,” kata Husein.