Senin 16 Dec 2019 05:35 WIB

Kemenag Sebut 40 Travel Umrah di Aceh Belum Kantongi Izin

Kemenag mengimbau masyarakat cerdas dalam memilih travel perjalanan umrah.

Kemenag Sebut 40 Travel Umrah di Aceh Belum Kantongi Izin. Foto ilustrasi jamaah umrah.
Foto: Republika/Syahruddin El-Fikri
Kemenag Sebut 40 Travel Umrah di Aceh Belum Kantongi Izin. Foto ilustrasi jamaah umrah.

IHRAM.CO.ID, BANDA ACEH -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh Daud Pakeh mengatakan 40 travel perjalanan umrah tidak memiliki izin operasi. Ia meminta agen perjalanan umrah tersebut segera mengurusnya ke Kanwil Kemenag Aceh.

"Jadi cukup banyak, 40 lebih travel (umrah) yang ada di Aceh belum memiliki izin," katanya di sela-sela kegiatan Jagong Masalah Haji dan Umrah (Jamarah) bersama Dirjen Penyelenggara Haji dan Umarah Kemenag di Banda Aceh, Ahad (15/12).

Baca Juga

Dia menyebutkan di Banda Aceh terdapat empat travel induk, bahkan Kanwil Kemenag Aceh juga cukup banyak memberikan izin dan rekomendasi untuk membuka travel cabang di daerah setempat. Oleh karenanya, melalui pertemuan tersebut ia ingin menyampaikan kepada masyarakat yang memiliki usaha travel perjalanan umrah untuk tidak menyalahgunakan aturan saat pemberian pelayanan agar masyarakat tidak tersandung hukum.

"Karena mereka (jamaah) melakukan perjalanan umrah ini secara tidak legal. Kita sudah melaporkan ke pihak Polda Aceh nama-nama travel (tidak memiliki izin) itu," katanya.

Menurut Daud, travel yang belum memiliki izin termasuk kategori travel yang bermasalah. Travel ini tidak mengantongi izin dan tidak terdaftar di Kanwil Kemenag Aceh, baik travel induk maupun travel cabang dari provinsi lain.

"Kalau mereka (travel) melakukan pelanggaran tetap ada sanksi. Tapi kalau belum resmi kita tidak bisa beri sanksi, makanya kita kerja sama dengan kepolisian. Polisi nanti yang ambil tindakan," katanya.

Daud mengimbau masyarakat cerdas dalam memilih travel perjalanan umrah. Ia mengharapkan masyarakat tidak boleh salah memilih antara travel legal yang telah mendapatkan izin dan yang belum mengantongi izin.

"Kita menginginkan masyarakat harus cerdas, termasuk untuk menunaikan umrah yang hari ini sangat luar biasa. Setiap hari kita lihat jamaah kita berangkat umrah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement